Ampuh Atasi Mabuk Laut

Seperti yang telah diketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan yang dikelilingi oleh lautan. Untuk itu, sangat mungkin bagi kita berpergian dengan menggunakan transportasi laut. Namun, bagaimana caranya agar kita tidak mabuk laut saat pertama kali berpergian dengan menggunakan transportasi laut? Mari simak artikel ini.

Saat pertama kali berada di laut sangatlah wajar jika kita mengalami mabuk laut. Bahkan, pelaut atau nelayan andal yang sudah biasa berada di laut pun pernah merasakan hal seperti itu. Awalnya, pelaut yang baru berlayar pasti  akan merasa was-was dan ketakutan. Selain itu, pelaut juga akan merasa pusing dan mual-mual saat pertama kali berlayar.

Untuk mengatasi mabuk laut, kita perlu melakukan beberapa hal pencegahan, seperti yang ada di bawah ini;

 

Pastikan Tubuh Fit

Jika tubuh kita bugar, kemungkinan besar, segala hal yang membuat mabuk akan terhindari. Oleh karena itu, kita harus memastikan tubuh fit dan terlihat bugar sebelum kita melakukan perjalanan laut. Caranya menjaga agar tubuh tetap fit ialah hanya dengan makan dan istirahat yang cukup, serta tepat waktu, dan jangan lupa untuk berolahraga.

 

Just Relax

Perjalanan dengan menggunakan transportasi laut akan sedikit melelahkan. Sebab, kapal akan sering menghantam ombak besar, apalagi jika cuaca sedang buruk. Hal ini akan membuat tubuh kita kurang nyaman untuk istirahat di atas kapal. Namun, tidak perlu khawatir! Karena masih banyak cara agar tubuh tetap nyaman saat di atas kapal. Salah satunya ialah dengan mendengarkan musik, baca buku atau nonton televisi yang disediakan oleh pihak kapal. Jika mulai bosan, kita bisa pergi keluar ruangan dan menikmati suasana indah laut, siapa tahu kita beruntung melihat biota laut seperti Lumba-Lumba yang menari di lautan.

 

Dilarang Lapar

Mabuk laut juga dapat disebabkan oleh perut yang kosong. Untuk itu, kita harus sering mengonsumsi makanan, agar perut tidak lapar. Makanan yang dikonsumsi tidak harus makanan berat, namun bisa juga makanan ringan seperti coklat, permen, dan lain-lain. Artinya, jangan sampai perut kita kosong yang menyebabkan perut mual dan kepala pusing.

 

Hindari Mitos

Banyak pelaut yang mengatakan jika mabuk laut, maka kita harus meminum air asin atau air laut itu. Hal ini sangat tidak benar. Justru, dengan meminum air laut, kita dapat semakin sakit. Sebab, kita tidak tahu, apakah air laut tersebut higienis atau tidak.

Beberapa tips sederhana di atas sangatlah sederhana. Namun, jika kita telah mengalami mabuk laut, maka upayakan untuk banyak istirahat dan hindari bau-bauan yang menyengat hidung. Kita juga dapat menggunakan minyak angin agar tubuh lebih rilex. Kemudian, jika kita sudah muntah, maka kita harus langsung mengisi kembali perut agar tidak kosong. Upayakan makanan yang masuk ialah makanan yang mudah dimakan atau ditelan, dan cobalah untuk meminum air putih hangat atau  teh manis hangat agar dapat merangsang tubuh jadi fit kembali.

Selamat Berlayar!

 

Penulis : Novita Puspa

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment