Tips 

Bijaklah Memilih 6 Angka PIN ATM

Saat ini, sudah banyak sekali modus yang dilakukan para oknum tindak kriminal untuk menguras uang seorang nasabah melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Apalagi kalau mereka berhasil mendapatkan kartu ATM-nya lebih dulu, misalnya dengan cara mencopet atau merampoknya. Setelah itu, tinggal mereka menebak-nebak kombinasi nomor Personal Identification Number (PIN)-nya berapa saja.

Memang, salah satu modus terbanyak sebagai penyebab kejahatan kartu ATM adalah pengelolaan PIN yang tidak benar. Mulai dari kombinasi PIN yang mudah ditebak, penyimpanan nomor PIN yang tidak aman, dan beberapa kebiasaan lain yang memungkinkan kartu ATM Anda mudah ‘dibajak’ maling.

Maka itu, untuk menambah keamanan dalam bertransaksi di ATM, Bank Indonesia membuat Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. 14/2/PBI/2012 tentang Kegiatan Penyelenggaraan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu (APMK), yang dilanjutkan dengan merilis Surat Edaran (SE) BI No. 17/52/DKSP mengenai Implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number (PIN) Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debet yang Diterbitkan di Indonesia.

Bagi nasabah perbankan yang masih menggunakan kartu ATM dan/atau debit berteknologi magnetic stripe, paling lambat sudah harus menggunakan PIN enam digit  pada 30 Juni 2017. Sementara, untuk nasabah yang sudah menggunakan kartu ATM dan/atau debit berteknologi chip, harus sudah memakai PIN enam digit selambat-lambatnya pada 31 Desember 2021.

 

Survei Kombinasi PIN ATM

Berdasarkan survei tentang kombinasi PIN untuk ATM yang dilakukan oleh sebuah lembaga analisa data generik, ditemukan informasi menarik yang perlu menjadi perhatian kita semua yakni:

  • Seseorang yang menggunakan password 4 digit untuk sebuah akun online atau website, kemungkinan akan menggunakan kode yang sama untuk PIN ATM bank mereka.
  • Sekitar 10,71% dari 3,4 juta password empat digit yang dianalisanya adalah 1234. Password paling favorit di posisi kedua adalah 1111 (6%), diikuti 0000 (1,88%).
  • Hasil survei sebelumnya mengeluarkan daftar password yang paling sering digunakan, dan itu ternyata adalah 123456. Kombinasi angka ini merupakan pilihan terbanyak para pengguna di dunia.
  • Sekitar 26,83% password dapat ditebak dengan mencoba 20 kemungkinan saja.

Hal ini tentu saja cukup mengejutkan, mengingat betapa mudahnya menebak kombinasi angka di suatu password. Sebab, terkadang seseorang tidak mau bersusah payah untuk mengingat angka-angka yang bukan favoritnya maupun yang tidak berhubungan dengan kehidupan pribadinya. Padahal saat ini oknum kriminal penguras uang di ATM sudah memakai teknologi canggih, dan pastinya mereka dapat lebih mudah menebak password tersebut. Terutama jika kombinasi angka terlalu mudah atau berhubungan dengan identitas pribadi orang tersebut, seperti tanggal kelahiran, tanggal pernikahan, nomor ponsel, alamat rumah dan lain-lain.

Penggunaan nomor PIN yang sama dengan tanggal lahir yang ada di tanda pengenal (KTP/SIM) menjadi semakin berbahaya manakala Anda kehilangan dompet yang di dalamnya ada kartu-kartu penting tersebut. Jika ada orang yang menemukan dompet Anda, mereka dipastikan dapat juga mengetahui tanggal lahir Anda, yang sekaligus menjadi nomor PIN ATM.

 

Saran Pembuatan Kombinasi Nomor PIN ATM

Sebenarnya untuk tidak ada rumusan baku dalam pembuatan kombinasi nomor PIN yang susah ditebak. Tetapi pada prinsipnya, sebaiknya Anda tidak menggunakan angka yang terkait dengan sesuatu yang populer dan akan mudah diketahui orang lain, semisal tanggal kejadian peristiwa penting atau tanggal kelahiran Anda. Selain itu, Anda pun dapat melaksanakan beberapa hal ini dalam memilih kombinasi angka terbaik untuk nomor PIN, yaitu:

  • Bagilah enam digit PIN menjadi tiga, dan memilih tahun yang berbeda untuk masing-masing bagian. Misalnya, PIN “801827” artinya “1980”, “1918”, dan “1927”. Setelah memilih tahun, temukan kejadian pribadi atau dalam sejarah yang tidak banyak diketahui orang dan terjadi pada tahun tersebut. Dari kejadian tersebut, temukan suatu frasa menarik penghubung kedua kejadian tersebut yang tidak mudah ditebak.
  • Ubahlah angka menjadi nomor, sesuai urutan tombol di ponsel. Misalnya WIKI menjadi 9454. Tombol di ATM biasanya juga menyertakan huruf di sebelah angka.
  • Jangan menyamarkan PIN sebagai nomor telepon. Pencuri biasanya mengetahui trik ini, dan salah satu hal pertama yang mereka cari adalah nomor telepon di phonebook
  • Anda dapat menulis PIN di kartu secara cukup aman dengan langkah ini: (1) Temukan angka unik yang selalu Anda ingat; (2) Tambah atau kurangi angka tersebut dari PIN Anda; (3) Tulis hasil perhitungannya di kartu Anda. Hasil perhitungan ini akan membuat maling pemula merasa sebal; (4) Gunakan rumus tersebut pada PIN kartu lain, sehingga Anda hanya perlu mengingat rumus, alih-alih nomor PIN Anda.
  • Jika Anda benar-benar pelupa, cobalah mengingat PIN dengan berbagai teknik menghafal.
  • Anda bisa menggunakan aplikasi untuk mengacak PIN, seperti SafePin yang tersedia untuk iOS. Aplikasi tersebut memungkinkan Anda menyembunyikan PIN dalam segmen berwarna di matriks dalam bentuk pilihan Anda. Masukkan PIN ke segmen pilihan Anda di tempat tertentu (misalnya pojok kiri atas). Masukkan PIN saat tidak ada orang yang melihat Anda. Kini, PIN Anda akan tersimpan dengan aman, dan Anda bisa melihatnya di depan umum.

Jadi, bijaklah dalam menentukan kombinasi angka yang menjadi nomor PIN kartu ATM/debit Anda, supaya tidak mudah ditebak orang lain, sehingga uang Anda di rekening akan lebih aman walaupun dalam keadaan terburuk sekalipun. Pihak bank juga sebaiknya mensosialisasikan kembali kepada semua nasabah agar membuat PIN 6 angka yang mudah diingat mereka, tapi di sisi lain juga sulit bagi orang lain untuk menerkanya.

 

Penulis : Ria E. Pratiwi

Editor   : Muhammad Pamungkas

Dimuat : Majalah Channel Edisi 65 – 2016

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment