Cegah Mabuk Laut

Melakukan perjalanan menggunakan jalur laut, awalnya terbayang sangat mengasyikkan. Namun, hal tersebut sekejab berubah menjadi tidak menyenangkan ketika mengalami mabuk laut. Perasaan tidak enak akan segera dirasakan seperti perut mual, kepala terasa pusing serta suhu tubuh akan meningkat cepat. Untuk itu, kita perlu mencegahnya!

Perjalanan dengan menggunakan transportasi laut tentu berbeda dengan transportasi darat. Hal ini dikarenakan dalam menggunakan transportasi laut, seseorang akan mengalami guncangan akibat ombak selama di perjalanan. Jika tubuh tidak beradaptasi dengan cepat terhal-hal tersebut, maka perut akan mual serta kepala akan pusing.

Beberapa tips yang dapat membantu mencegah dan menghindari mabuk laut, yakni sebelum berangkat dapat melakukan beberapa hal berikut:

  1. Makan

Ketika akan berangkat atau naik kapal laut, sebaiknya isi perut Anda secukupnya. Hal ini dilakukan agar perut tidak kosong, namun juga jangan makan terlalu kenyang karena akan membuat Anda sakit perut.

  1. Minum obat antimabuk

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi dan terutama yang selalu mengalami mabuk laut.

  1. Rileks

Tenangkan selalu  hati dan pikiran. Dengan selalu berpikir positif tentunya akan membawa pengaruh yang positif pula bagi tubuh.

  1. Minum jahe

Seperti diketahui, air jahe dapat mengurangi serta mengatasi rasa mual. Memakan permen jahe juga dapat menjadi alternatif untuk mengantisipasi rasa mual.

Kemudian, ketika Anda telah berada di atas kapal, sebaiknya pilih tempat duduk di bagian tengah. Jangan memilih duduk di bagian atas kapal, karena di bagian ini gelombang laut lebih terasa daripada bagian di bawahnya. Selain itu, sebaiknya jangan membaca selama berlayar. Hal ini biasanya dapat memancing rasa mual.

Namun, ketika Anda sudah mulai merasa mual, Anda bisa berjalan-jalanlah mencari tempat dengan sirkulasi udara yang bagus, tidak panas, tidak tercampur keringat orang atau bau-bauan yang bisa membuat Anda makin mual. Sebab, hembusan angin dapat membuat lupa pada rasa mual. Selain itu, menggerakkan tubuh, misalnya dengan melakukan peregangan. Menggerak-gerakkan tubuh dapat membantu melupakan rasa mual. Namun, jika rasa mual sering muncul  kepalkan dan lemaskan jari-jari tangan dan kaki berulang-ulang. Hal ini dilakukan untuk melancarkan peredaran darah.

Jika berbaring membuat tubuh merasa lebih baik, maka berbaringlah. Buat posisi berbaring senyaman mungkin. Karena, jika posisi berbaring tidak nyaman tentu tubuh juga akan semakin tidak nyaman terutama di sekitar leher.

Dengan menerapkan tips tersebut, diharapkan dapat mengatasi mabuk laut sehingga perjalanan melintasi laut akan lebih menyenangkan.

 

Penulis : Novita Puspa

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment