Internasional 

Intip Transportasi Finlandia

Finlandia dinobatkan menjadi negara dengan lalu lintas terbaik pada 2015 lalu. Lalu apa yang menyebabkan negara ini menjadi negara dengan lalu lintas terbaik? Nah, ayo kita intip apa saja yang ada di Finlandia.

Kemacetan merupakan situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Situasi tersebut banyak terjadi di kota-kota besar, terutama yang tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai. Selain itu, kondisi macet disebabkan karena tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk.

Kondisi macet menjadi hal yang menjengkelkan bagi hampir semua pengendara saat membesut kendaraannya di jalan raya. Kondisi itu ternyata tak hanya berlaku di Indonesia saja, namun juga banyak terjadi di kota-kota besar di dunia. Namun demikian, ternyata ada 10 kota dengan lalu lintas terbaik di dunia. Indikasi itu diperoleh berdasarkan aktivitas berhenti dan kembali berjalan (stop-start) yang dilakukan para pengendara tersebut, salah satunya ialah Kota Tampere di Finlandia.

Survei negara dengan lalu lintas terbaik ini dilakukan pada 2015 dengan menggunakan Stop-Start Magnatec Castrol dan dilakukan TomTom, penyedia navigasi dan produk maupun layanan berbasis lokasi untuk mempelajari kondisi berhenti-jalan di seluruh dunia.

Berdasarkan survei tersebut, kota yang paling nyaman untuk mengemudi adalah Tampere, Finlandia dengan angka stop-start sebanyak 6.240 kali dalam satu tahun. Artinya, setiap hari para pengemudi di sana hanya berjalan sebanyak 17 kali kemudian berhenti. Angka yang cukup luar biasa untuk memudahkan pengemudi dan memanjakan mesin kendaraannya, serta membebaskan pengemudi dari kemacetan.

Penobatan Kota Tampere sebagai kota dengan lalu lintas terbaik di dunia ini bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, di Finlandia memang memiliki layanan transportasi publik yang sangat baik dibanding negara-negara lainnya. Masyarakat Finlandia lebih memilih bepergian menggunakan transportasi umum, dibandingkan transportasi pribadi. Sebab, transportasi umum Finlandia memiliki kualitas yang baik dan direkomendasikan saat harus bepergian.

 

Kendaraan Pribadi di Finlandia

Para pengemudi di Finlandia sangat perhatian dan sopan, jarang terdengar bunyi klakson dan orang marah-marah. Jalan raya di Finlandia sangat baik lengkap dengan penunjuk jalan, meskipun hanya ada di beberapa jalan raya di sekitar kota-kota besar. Hanya di hutan terpencil dan daerah pedesaan terdapat jalan tak beraspal atau trek tanah. Namun, di Finlandia harga bahan bakar jauh lebih mahal daripada di Amerika Serikat dan umumnya di atas rata-rata dibandingkan negara-negara Eropa lainnya.

Mahalnya harga bahan bakar menjadikan masyarakat Finlandia lebih memilih menggunakan transportasi umum dibandingkan kendaraan pribadinya. Selain itu, banyak jalur lalu lintas di jalan-jalan perkotaan hanya diperuntukkan bagi angkutan umum saja. Kecuali jika disebutkan pada rambu lalu lintas.

 

Sewa Kendaraan

Sewa mobil di Finlandia lebih mahal daripada di negara lain di Eropa, tetapi pengusaha bidang ini dapat bekerja dengan biaya yang wajar. Perusahaan besar memasang harga sewa mobil kecil seperti VW Polo atau Renault Clio, biayanya dari € 60 atau Rp 916.000 per hari sampai 100 km, dan € 0.35 atau Rp 5.300 per kilometer setelahnya, atau € 75 sampai € 90 atau Rp 1.145.000-1.374.000 dengan kilometer tanpa batas. Seperti biasanya, tawar menawar secara online bisa jauh lebih murah.

Perusahaan penyewaan mobil dengan kantor-kantor di kota-kota Finlandia meliputi Budget, Hertz, Europcar, dan Avis (Helsinki). Ada juga operator lokal lainnya, terutama di Helsinki.

 

Kereta Api Finlandia

Pemerintah Finlandia memiliki kereta api yang dinamakan Valtion Rautatiet (VR). Kereta api ini sangat cepat, efisien, bersih, dan dapat diandalkan dan sangat sesuai jadwal. Kereta Api VR merupakan transportasi umum terbaik untuk mencapai rute utama seperti Helsinki ke Tampere, Kuopio, Oulu atau Rovaniemi. Pada rute yang lebih jauh lagi, kereta ini akan menyediakan dua dan tiga tempat tidur. Layanan Kereta Api VR juga sangat dimudahkan. Hanya dengan memesan nomor di hotline atau online, kita dapat menikmati kereta api tersebut.

VR memiliki kereta penumpang dalam dua kelas satu dan dua. Sebagian besar gerbong adalah gerbong kelas dua dengan kursi yang nyaman. Kemudian, ada pula kereta yang hanya memiliki satu gerbong kelas satu, yang berisi kompartemen kecil, masing-masing terdapat enam tempat duduk penumpang.

Selain itu, ada juga kereta api dengan kecepatan tinggi Pendolino (kelas tercepat), kereta api antarkota (IC), kereta api ekspres, dan kereta api daerah yang menjadi kelas utama di Finlandia. Kereta api daerah yang termurah dan paling lambat pelayanannya, hanya memiliki gerbong kelas dua. Untuk memanfaatkan kereta api ini, kita tidak memerlukan pemesanan tiket, dan kereta ini sering berhenti di setiap stasiun. Untuk tarif tiket sekali jalan pada perjalanan kereta ekspres 100 kilometer biaya hanya sekitar €13-19 atau sekitar Rp 198.500-290.000 di kelas satu atau dua.

Pemerintah Finlandia menetapkan tarif untuk anak di bawah 17 tahun hanya membayar setengah tarif dan anak-anak berusia di bawah 6 tahun gratis (tapi tanpa kursi). Selain itu, ada beberapa kemudahan tarif yang diberikan untuk seorang anak gratis tarifnya bersama orang dewasa pada perjalanan jarak jauh, dan ada juga diskon untuk para orang tua, mahasiswa lokal, serta setiap tiga atau lebih kelompok orang dewasa yang bepergian bersama-sama.

 

Bus Transportasi Desa

Selain kereta api, bus jarak jauh di Finlandia juga sangat efisien dan terjadwal. Selain itu nyaman dan layanannya komprehensif yang mencakup 90% dari jalan Finlandia. Dibandingkan dengan kereta, masyarakat lebih baik menggunakan bus untuk bepergian dari desa ke desa, sementara kereta lebih nyaman dan lebih murah untuk perjalanan cepat antara kota-kota besar di Finlandia.

Ada dua jenis layanan bus antarkota, vakiovuorot (bus reguler) sering berhenti di kota dan desa, dan pikavuorot (bus ekspres) untuk bepergian cepat antarkota. Hal ini dikarenakan ada beberapa jalan raya di Finlandia yang dapat dilalui bus meliputi 100 km dalam waktu kurang dari dua jam dan 400 km dalam waktu sekitar enam jam.

 

Moda Penyeberangan

Di Finlandia, ada moda penyeberangan seperti kapal feri untuk perjalanan melalui danau dan sungai beroperasi selama musim panas. Keberangkatan cenderung sporadis (tidak beraturan) dari Mei hingga pertengahan Juni dan selama Agustus, tapi jadwal stabil dari pertengahan Juni hingga akhir Juli. Feri lebih dari sekedar transportasi pelayaran danau, terutama dari satu kota ke kota lain, namun juga merupakan pengalaman pariwisata di Finlandia. Rute yang paling populer adalah Tampere Hämeenlinna, Savonlinna-Kuopio, Lahti-Jyväskylä dan Joensuu Koli-Nurmes.

 

Penulis : Novita Puspa,

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment