Reportase 

Kawan Hijaunesia Power: Sinergi Indonesia Power – Pramuka, Pelihara Objek Vital Nasional

Di penghujung September 2016 lalu, Indonesia Power kembali bersinergi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Pramuka. Sinergi tersebut diwujudkan dalam sebuah kegiatan penanaman pohon bertajuk “Kawan Hijaunesia Power”. Selain sebagai wujud komitmen kuat perusahaan dalam konservasi lingkungan, kegiatan ini sekaligus sebagai upaya Indonesia Power dalam menjaga aset di sekitar waduk dan PLTA Saguling—yang merupakan objek vital nasional.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari (23—25 September 2016) ini diselenggarakan di sebuah lahan milik Indonesia Power yang berada di Kampung Cikande, Desa Bojong Halaeuang, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Acara ini terdiri dari serangkaian kegiatan, seperti perkemahan, penyampaian materi dan pengenalan program lingkungan, dan—tentu saja penanaman pohon.

Direktur Utama Indonesia Power—Sripeni Inten Cahyani menjelaskan bahwa Pramuka adalah salah satu motor penggerak dalam melaksanakan program lingkungan Indonesia Power—dalam hal ini gerakan menanam pohon. Inten juga menyebutkan bahwa Indonesia Power memiliki kewajiban menjaga ekosistem dan, untuk itu, salah satu upayanya adalah dengan menanam pohon sebanyak 3.200 bibit pohon per tahun di setiap unit Indonesia Power.

Dalam kegiatan yang diikuti 300 Penegak dan Pandega Pramuka dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Bandung Barat ini, Indonesia Power dan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Barat menandatangani Komitmen Bersama Konservasi Lingkungan Kawan Hijaunesia Power. Selain itu, Indonesia Power juga menyerahkan bantuan kepada Pramuka Kwarcab Bandung Barat berupa 4 buah tenda pleton dan 1 unit perahu karet dayung.

Disamping bersinergi dengan KLHK dan Pramuka, Indonesia Power juga menggandeng Kodam III Siliwangi, Pemkab Bandung Barat, dan BPLHD Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Inten juga meresmikan Ruang Kelas Baru (RKB) Madrasah Aliyah Cikande, yang merupakan wujud Program CSR Indonesia Power UP Saguling.

Testimoni:

Kak Ipam – Anggota Mabisaka Pramuka & Tenaga Ahli KLHK Bidang Pengembangan Generasi Muda dan Pramuka

“Kegiatan seperti ini patut ditiru oleh perusahaan lainnya. Melalui kegiatan seperti ini, Indonesia Power bisa lebih dekat dengan masyarakat sehingga bisa berbuat lebih banyak untuk masyarakat. Untuk itu, Indonesia Power ataupun perusahaan lain, bisa menggandeng Pramuka. Kami telah memiliki lebih dari 25 juta anggota yang tersebar di seluruh Indonesia dengan kualitas dan keahlian yang baik. Maka, manfaatkanlah keberadaan kami untuk bersama memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan.”

Caption:

  1. Berfoto bersama di Kodam Siliwangi sebelum menuju lokasi Kawan Hijaunesia Power
  2. Direksi bersama Kepala BPLHD Jawa Barat dalam perjalanan ke Kampung Cikande
  3. Pramuka menyambut kedatangan Rombongan Direksi Indonesia Power.
  4. Dirut, Sripeni Inten Cahyani, menyapa anggota Pramuka.
  5. Salam Pramuka!
  6. Barisan pemuda Pramuka
  7. Barisan pemuda Pramuka
  8. Dirut, Sripeni Inten Cahyani, memberi sambutan
  9. Dirut, Sripeni Inten Cahyani, memberi sambutan
  10. Penandatanganan Komitme Bersama Konservasi Lingkungan Kawan Hijaunesia Power
  11. Indonesia Power serahkan bantuan sosial kepada Kwarcab Bandung Barat
  12. Parade tanaman yang akan ditanam.
  13. Dirut menanam pohon bersama pramuka
  14. Dirut menanam pohon bersama pramuka
  15. Dirut bersama Wakil Bupati Bandung Barat dan Kepala BPLHD Jawa Barat
  16. Keakraban Sripeni Inten Cahyani dengan anggota Pramuka
  17. Bantuan perahu karet dari Indonesia Power kepada Kwarcab Bandung Barat
  18. Rombongan Direksi disambut oleh Kepsek MA Cikande
  19. Sripeni Inten Cahyani meresmikan dua Ruang Kelas Baru
  20. Sripeni Inten Cahyani berdialog dengan para siswi MA Cikande

 

Penulis : Dyota Tenerezza

Editor   : Muhammad Pamungkas

Dimuat : Majalah InPower

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment