Kemilau Pulau Bintan Disebut The Next Bali

Pulau Bintan merupakan salah satu bagian dari tiga pulau –Batam dan Tanjung Balai Karimun– yang di-drive untuk menangkap peluang pariwisata dari negara tetangga, khususnya Singapura dan Malaysia. Tercatat, pada 2015 Pulau Bintan mampu menggeser pamor Batam dalam meraup wisata mancanegara yang meningkat hingga 42,79%, menjadi 4.113 wisatawan. Bagaimana tidak, menariknya keindahan wisata Pulau Bintan mampu menghipnotis para pelancong. Bahkan, Menteri Pariwisata Arief Yahya melontarkan “Bintan akan menjadi the next Bali”.

Tak pelak, Pulau terbesar digugusan Kepulauan Riau ini memiliki karakteristik wisata yang hampir serupa dengan Bali. Sebut saja Daerah Lagoi dan Pantai Trikora menjadi destinasi wajib yang menarik untuk disingkap dari Pulau Bintan.

 

Lagoi, Kawasan Pantai Eksklusif

Lagoi merupakan destinasi wisata Pulau Bintan yang biasa dikenal dengan Kawasan Wisata Terpadu Lagoi. Letaknya berada di bagian utara Pulau Bintan. Untuk menyambangai Pantai Lagoi dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari Tanjung Pinang. Pilihan transportasi yang tersedia adalah mobil sewaan, taksi atau travel. Lagoi menjadi tujuan favorite kebanyakan para pelancong Singapura dan Malaysia untuk melepas penat.

Kawasannya memiliki pantai cantik dan bersih yang dikelola dengan baik. Keelokan pantai berpasir putih lengkap dengan jajaran rapi nyiur hijau di sepanjang bibir pantainya menjadi daya tarik tersendiri.

Pengelolaan pantai yang bersifat privat, dapat menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai dengan pelayanan dan fasilitas lengkap. banyak orang menyebut Lagoi termasuk kawasan pantai eksklusif yang lengkap dengan fasilitas mewah. Sehingga, tak salah jika kombinasi panorama dan fasilitasnya pun digadang-gadang mampu mengalahkan wisata pantai di Pulau Dewata.

Bahkan, kawasan wisata Lagoi memiliki tingkat keamanan yang cukup baik dengan tata ruang yang rapi dan indah sama seperti Nusa Dua di Bali. Fasilitas lengkap hotel berbintang 5, golf courses dan SPA pun tersedia. Tetapi, perlu dicatat bahwa sebagian hotel berbintang di Lagoi memberlakukan pembayaran menggunakan uang Dollars Singapore atau US Dollars.

Di lain sisi, para pelancong juga dapat mengeksplor Sungai Sebong dan Hutan Mangrove sebagai alternatif wisata di Lagoi. Dengan beberapa pilihan objek wisata, kawasan Lagoi juga dikenal dengan keramahan penduduknya. Tak heran jika para pelancong dapat merasakan keistimewaan berbaur langsung dengan masyarakat setempat yang kental akan budaya melayu ini.

 

Pantai Trikora Berombak Landai

Tak kalah indah dengan Pantai Lagoi, Pantai Trikora juga kerap kali  menjadi salah satu pantai terindah yang banyak dikunjungi wisatawan di Pulau Sumatera. Banyak pelancong menjadikan Pantai Trikora sebagai catatan destinasi wisata saat datang berkunjung ke Kepulauan Riau.

Secara administratif, Pantai yang mempunyai dua versi nama ini teretak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Pulau Bintan. Daya tarik alaminya, Trikora khas memiliki dengan pasir putih dan ombak yang landai. Sehingga ketika berada disana wisatawan dapat merasakan suasana tenang. Sensasi tersebut, menjadikan Pantai Trikora cocok sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan kerabat. Di lain sisi, ombaknya yang landai tak terlalu memiliki risiko tinggi bagi pelancong yang membawa anak kecil. Tak heran, saat musim liburan sekolah banyak keluarga yang datang berwisata ke Trikora.

Menariknya lagi, kawasan Trikora juga menyajikan lanskap alam bawah laut yang tenang. Sedangkan, pemandangan pohon kelapa dan pohon bakau yang dipadukan dengan batu-batu artistik di sepanjang pantai semakin menambah keindahan dan keteduhan Trikora.

Disana juga, pelancong akan disuguhkan pesona khas perkampungan nelayan yang rapi. Tak ketinggalan, Konservasi Lamun dan Mangrove pun mudah dijumpai di kawasan Trikora. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Trikora menjelang siang. Pasalnya, saat tersebut Pantai Trikora terlihat bersih tanpa sampah sedikit pun.

Akses yang dapat ditempuh menuju Pantai Trikora, dapat dimulai dari Tanjung Pinang dengan mengambil arah bagian timur sekitar 45 km.  Saat berkunjung ke sana, para wisatawan lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi. Sebab, akses menuju Pantai Trikora masih belum dilengkapi transportasi umum. Meskipun, demikian kondisi jalan disana seudah beraspal dan lebar. Selamat menikmati sensasi baru melancong hingga tanah Sumatera.

 

Penulis : Candra Fivetya

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment