Internasional 

Kereta Gantung Ekstrim di Dunia

Kereta gantung kini menjadi moda transportasi yang cukup efektif digunakan untuk berpergian. Tapi bagaimana dengan kereta gantung yang membuat jantung kita berdegub kencang saat menaikinya? Nah, mari kita lihat kereta-kereta gantung terekstrim di seluruh dunia.

Pada era modern ini, moda transportasi udara bukan hanya pesawat terbang saja, namun juga kereta gantung yang dapat membawa kita ke tempat tujuan sambil menikmati indahnya pemandangan dari atas. Kereta gantung merupakan sebuah kereta yang menggantung dan berjalan menggunakan kabel. Jalur kereta gantung umumnya berupa garis lurus dan hanya dapat berbelok pada sudut yang kecil di stasiun. Pada awalnya, kereta gantung digunakan pada tempat-tempat wisata misalnya di daerah bersalju, daerah pegunungan seperti pegunungan Alpen, atau taman hiburan. Namun, kini telah berkembang dan digunakan untuk transportasi umum di daerah perkotaan di beberapa negara di seluruh dunia.

Kereta gantung juga cocok dijadikan moda transportasi di daerah yang berbukit karena struktur tanah yang agak sulit untuk dijadikan lalu lintas. Selain itu, alasan pembuatan moda transportasi kereta gantung ini ialah agar tidak merusak alam yang berada di daerah tersebut.

Biasanya, kapasitas kereta gantung dapat mencapai 3000 penumpang per jam, dengan kecepatan 4 hingga 6 meter per detik. Jenis kabin yang umum digunakan adalah gondola dengan kapasitas 4 hingga 12 penumpang. Ada pula jenis kabin yang kapasitasnya lebih besar hingga dapat menampung 150 penumpang. Kabin dengan tipe khusus tersebut juga dapat berputar 360 derajat untuk menikmati pemandangan ke segala arah.

Sifatnya yang menggantung, membuat kita dapat melihat pemandangan di bawahnya. Namun demikian, ada beberapa kereta gantung di dunia yang membuat adrenalin kita terpacu ketika sedang menaikinya karena ketinggian dan jalurnya yang menantang.

 

The Cabrio Switzerland

Pernah membayangkan menaiki kereta gantung yang berada 1.900 meter di atas Pegunungan Alpen, Swiss? Rute yang tinggi dan track-nya yang ekstrem tentu saja tidak cocok bagi mereka yang takut akan ketinggian. Namun jangan takut, The Cabrio menawarkan kenyamanan untuk para penumpangnya. Karena kaca kereta gantung ini sangat tebal dan aman, maka ketika berada di dalam kereta gantung ini, kita akan merasakan kenyamanan dan tidak khawatir akan keselamatan kita.

Bukan hanya itu, The Cabrio juga menyediakan bagi penumpang yang menyukai tantangan. Pasalnya, ada kereta yang bagian atas yang terbuka. Tentunya harus penumpang yang mempunyai nyali besar yang berani naik di bagian itu, mengingat ketinggian kereta gantung ini mencapai 1,2 kilometer di atas permukaan laut. Dalam satu kali perjalanan, kereta gantung ini dapat menampung 60 penumpang pada satu waktu.

 

Kharkiv Lift dari Ukraina

Dengan ketinggian 26 meter, kita dapat menikmati pemandangan dari udara yang luar biasa dengan menggunakan Kharkiv Lift. Dari ketinggian tersebut, kita dapat melihat 18 menara dari berbagai ketinggian, dengan jalur naik dan turun 8-26 meter. Jalurnya yang naik dan turun dari ketinggian tersebut membuat adrenalin para penumpangnya terpacu saat perjalanan. Namun begitu, Kharkiv Lift tetaplah kereta gantung yang aman untuk ditumpangi.

Kereta gantung milik Ukraina ini mulai dioperasikan pada 1971. Jalur kereta gantung tersebut berjalan dari Central Park of Culture dan Lesopark menuju Lapangan Distrik Paul. Setelah dioperasikan, kereta ini tidak hanya digunakan sebagai kereta wisata, akan tetapi juga dipakai sebagai alat transportasi. Kebanyakan penumpang pada moda ini adalah para pelajar. Para pelajar sangat tertarik menggunakan Kharkiv Lift ini untuk menuju ke sekolahnya yang berada di jantung kota. Rute yang ditempuh Kharkiv Lift ini tidak hanya menyenangkan, namun juga murah. Kereta gantung ini memiliki 124 kabin penumpang ganda.

 

Kereta gantung Gunung Hua di China

Selain di Ukraina, China juga memiliki kereta gantung yang berada di Gunung Hua. Gunung Hua merupakan gunung yang dipakai para Taoist sebagai tempat pemujaan. Gunung yang terletak di Provinsi Shaanxi, China ini termasuk salah satu dari lima gunung terbaik. Dengan tinggi yang mencapai hingga 1997 meter, julukan “most precipitous mountain under heaven” memang sangat cocok untuk gunung ini.

Telah bertahun-tahun lamanya, para penduduk menggunakan cara tradisional yang efektif untuk mendaki gunung ini. Namun, sesuai perkembangan zaman hadirlah kereta gantung yang menghubungankan sekitar Gunung Hua. Dengan kereta gantung tersebut memungkinkan para penduduk sekitar untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain di sekitar gunung tersebut. Kini, penduduk sekitar maupun turis dapat dengan mudah melakukan perjalanan melintasi gunung tersebut dengan menggunakan kereta gantung.

Melalui rute dengan ketinggian dan track-nya yang lumayan menggugah, tentunya para pengunjung di daerah tersebut akan mendapatkan pengalaman yang menarik ketika menaiki kereta gantung ini. Tak hanya karena keindahan alamnya yang memanjakan mata dan perjalanan yang ditempuh dengan kereta gantung ini berbahaya, namun juga karena lokasinya yang begitu sakral.

Jadi, berani untuk menaiki kereta gantung dengan ketinggian yang tidak biasa dan track-nya yang menggugah adrenalin? Pasti sangat seru dan cukup menantang bukan? karena dapat menguji adrenalin kita. Khususnya bagi para penumpang yang berjiwa pemberani, tentu tak ada salahnya jika ingin mencoba.

 

Penulis : Novita Puspa,

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment