Mari Bung Junjung Patriotisme!

Indonesia telah menginjak usia ke-71 tahun semenjak Hari Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Namun, semangat nasionalisme dan patriotisme harus terus membara dan diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Patriotisme berasal dari kata patriot yang berarti pecinta atau pembela tanah air. Patriotisme diartikan sebagai semangat jiwa cinta tanah air yang berupa sikap rela berkorban untuk kejayaan dan kemakmuran bangsanya. Rasa patriotisme bukan hanya cinta kepada tanah air saja, namun juga cinta bangsa dan negara. Kecintaan terhadap tanah air tidak hanya ditampilkan saat bangsa Indonesia terjajah, tetapi juga diwujudkan mulai dari kemerdekaan hingga sampai akhir hayat.

Sebagai warga negara Indonesia, sudah seharusnya kita memiliki rasa patriotisme yang tinggi. Sebab, siapa lagi yang mencintai bangsa ini kalau bukan kita, warga negara Indonesia? Untuk itu, betapa pentingnya memiliki rasa patriotisme dan menerapkannya di kehidupan kita sehari-hari demi persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Terapan dalam Kehidupan

Sikap patriotisme dapat diterapkan dalam banyak hal antara lain dengan mencintai dan menggunakan produk dalam negeri. Sebab, mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri berarti kita memberi keuntungan kepada warga Indonesia sendiri, baik pembuatnya maupun pedagangnya. Jadi, dengan mencintai dan menggunakan produk dalam negeri, maka kita juga membantu meningkatkan nilai keekonomian masyarakat Indonesia.

Indonesia dikenal dengan kekayaan lingkungan hidupnya, oleh karena itu kita perlu menjaga lingkungan hidup di Indonesia.  Sebab, merusaknya berarti kita tidak mencintai tanah air dan akan merugikan masyarakat sendiri.

Pemerintah Indonesia selalu memberikan pelayanan terbaik bagi rakyatnya, salah satunya dengan menyediakan fasilitas umum untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya telepon umum, jembatan, halte, kereta api dan lain-lainnya. Untuk itu, sebagai warga negara yang baik, kita harus ikut serta dalam memelihara fasilitas umum. Jika kita merusak fasilitas umum akan merugikan orang lain dan negara dan kita sendiri juga tidak dapat menggunakannya lagi.

Contoh lainnya, dalam menerapkan sikap patriotisme ialah dengan ikut serta dalam pembangunan bangsa. Negara kita harus terus membangun agar lebih maju dan kehidupan rakyatnya lebih baik. Bila kita ingin mencintai tanah air, maka kita harus ikut serta dalam pembangunan. Ikut serta dalam pembangunan bisa diwujudkan dengan taat membayar pajak, menjadi pegawai yang baik, dan sebagainya.

Selain itu, kita juga harus mentaati peraturan yang ada. Sebab, peraturan dibuat agar masyarakat tertib dan nyaman. Jika kita melanggar peraturan akan merugikan diri kita sendiri. Bahkan orang lain dan negara juga akan dirugikan.

Pelestarian budaya bangsa juga perlu kita lakukan karena budaya bangsa merupakan kekayaan bangsa. Apalagi, budaya Indonesia sangat beragam. Oleh karena itu, kita harus bangga memiliki budaya bangsa yang beragam dan unik.

Dari semua perwujudan tersebut, para pekerja baik pegawai, karyawan, buruh, petani, pedagang, dan sebagainya juga memiliki peran serta dalam membangun bangsa dan negara. Sebab, para pekerja juga turut berkontribusi dalam kemajuan bangsa dengan menjadi agen pendorong ekonomi masyarakat Indonesia.

Jika kita telah menerapkan rasa dan sikap patriotisme, maka bangsa dan negara Indonesia akan terus bersatu selamanya. Untuk itu, mari kita junjung tinggi sikap patriotisme dalam kehidupan sehari-hari.

 

Penulis : Novita Puspa

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment