Aktivitas Reporter 

Menteri BUMN dan Dirut PLN Blusukan ke Teluk Gong dan Penjaringan

 

Reporter kami, Abdullah Baraja, berkesempatan meliput acara blusukan yang diadakan oleh Menteri BUMN dan Dirut PLN ke Teluk Gong dan Penjaringan. Acara blusukan ini dilakukan sebagai survey lokasi untuk pembagian Bingkisan Ramadhan BUMN berupa sembako di Masjid Roudhotul Ulum Teluk Gong dan Masjid Nurul Muara Angke, Jakarta Utara (11/6) yang kegiatan pembagiannya akan dilaksanakan pada Selasa depan (13/6). Adapun total sembako yang diberikan oleh PLN adalah sebanyak 20.000 sembako yang tersebar di beberapa lokasi di Jabodetabek. Untuk wilayah Teluk Gong dan Muara Angke akan dibagikan masing-masing 1.500 dan 2.000 sembako untuk warga dhuafa di sana.

Menteri BUMN dan Dirut PLN Blusukan ke Teluk Gong dan Penjaringan
Menteri BUMN dan Dirut PLN Blusukan ke Teluk Gong dan Penjaringan

Beranjak dari Teluk Gong, Rini dan Sofyan melanjutkan ‘blusukan’-nya ke rumah-rumah warga Blok Empang, Muara Angke. Blok Empang adalah salah satu wilayah di kawasan Kampung Nelayan Muara Angke. Awalnya, Blok Empang adalah daerah penampungan sementara warga eks gusuran Kali Adem pada 2003 hingga proses pembuatan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) Kasih Suci selesai dibangun.

 

Rini Soemarno mengatakan, di 2006, pembangun rusunawa tersebut rampung dan idealnya warga eks gusuran pindah tempat ke rusunawa. “Namun, karena mayoritas warga di sana bermata pencaharian sebagai nelayan, banyak warga yang tidak sanggup tinggal di rusunawa karena beberapa hal, seperti sewa yang terlalu besar dan jarak tambatan perahu mereka yang jauh dari tempat tinggal. Oleh karena itu, sebagian besar penduduknya tetap tinggal di Blok Empang dimana rumah penduduknya bisa ditemukan bangunan semi permanen yang dibangun dengan kayu dan triplek,” jelasnya.

 

Jumlah penduduk Blok Empang semakin hari kian bertambah. Pada 2003 jumlah penduduknya mencapai 500 Kepala Keluarga (KK) dan kini sudah menjadi 1.800 KK dengan prosentasenya 80% ber-KTP DKI Jakarta dan sisanya dari berbagai daerah. Selain nelayan, penduduk sekitar bekerja sebagai, buruh kupas kerang, buruh panggul, buruh cuci ikan dan buruh pembuat ikan asin.

 

Sofyan Basir menyebutkan, Program Bingkisan Ramadan BUMN yang akan dilaksanakan Selasa depan ini merupakan wujud BUMN Hadir untuk Negeri di Bulan Ramadan 1438 H, untuk membantu menyejahterakan masyarakat di sekitar lingkungan BUMN. “Nantinya, selain PLN akan ada 13 BUMN lainnya yang juga melakukan pembagian sembako untuk masyarakat,” ujarnya.

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment