Hijau 

Mobil-Mobil Hijau

Persaingan para produsen mobil-mobil yang ramah lingkungan dan rendah emisi semakin memanas. Hal itu dipicu oleh kebutuhan transportasi ramah lingkungan yang semakin diminati oleh masyarakat luas.

Mobil Ramah Alam

Transportasi hijau adalah transportasi yang sehat dan ramah alam. Transportasi hijau juga merupakan sistem transportasi yang bisa meningkatkan efisiensi energi. Transportasi tersebut biasanya menggunakan bahan bakar bersih dan mobilitas ramah lingkungan, misalnya mobil-mobil yang rendah emisi atau bahkan nol-emisi.

Disesuaikan dengan perkembangan zaman yang sangat canggih, pembuatan moda hijau seperti mobil-mobil nol-emisi menjadi sebuah tuntutan untuk para produsen mobil kelas atas. Para produsen bersemangat untuk berlomba-lomba dalam menciptakan mobil ramah lingkungan dan juga tidak kalah canggihnya dari mobil yang berimisi tentunya. Salah satu contoh mobil rendah emisi yang sedang banyak diminati untuk dikembangkan oleh para produsen misalnya Mobil Listrik, Mobil Hibrida dan Mobil Surya (Solar Car).

 

Listrik For Life

Mobil listrik mengandalkan baterai sebagai sumber energi untuk menggerakkan kendaraan. Mobil dengan tenaga listrik ini awalnya sangat populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tapi kemudian popularitasnya meredup karena teknologi mesin pembakaran dalam yang semakin maju dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah. Masa pakai motor mobil listrik diperkirakan sekitar 90 tahun, jika dikendarai sejauh lima puluh mil per hari.

Manfaat besar dari mobil listrik adalah pengurangan dampak polusi karena penggunaan bahan bakar konvensional dan dampak perubahan iklim yang juga semakin serius. Beberapa kelebihan menggunakan mobil-mobil rendah emisi ini pun beragam. Misalnya pada mobil listrik, mesin listrik tidak menghasilkan emisi sama sekali atau 100 % nol-emisi. Ditambah lagi mobil juga bisa mengurangi emisi gas rumah kaca karena tidak membutuhkan bahan bakar fosil sebagai penggeraknya.

Mobil listrik jauh lebih hemat energi dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvensional. Efisiensi keseluruhan mobil listrik adalah 48%, secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvensional yang mencapai efisiensi sekitar 25%. Suara mesin mobil listrik pun sangat halus sehingga mereka tidak menyebabkan masalah polusi suara.

Mobil listrik juga menjamin keamanan maksimum karena tidak melibatkan bahan bakar minyak sehingga mereka tidak akan terbakar atau meledak jika menabrak sesuatu. Biaya isi ulang mobil listrik juga sangat terjangkau. Rata-rata mobil listrik memerlukan biaya isi ulang 2 sen per mil dibandingkan dengan 12 sen per mil pada kendaraan berbahan bakar konvensional.

 

Hybrid, Dua Mesin Lebih Asyik

Selain mobil listrik, mobil hibrida adalah mobil yang menggunakan dua atau lebih sumber daya yang berbeda untuk menjalankan kendaraan tersebut. Umumnya kombinasi mesin pembakaran internal dengan satu atau lebih motor listrik. Kombinasi tersebut memungkinkan mobil hibrida memiliki efisiensi bahan bakar tinggi dan emisi yang lebih rendah dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvensional.

Mobil hibrida pun memiliki beberapa kelebihan, seperti mobil tersebut memiliki prinsip regenerative atau isi ulang atau recharging saat kendaraan sedang beroperasi pada mesin hibrida, berbeda dengan mobil tenaga listrik penuh yang tidak bisa mengisi ulang listriknya. Khusus mesin hibrida, mesin listriknya bisa mengisi ulang ke aki dengan memanfaatkan kinetic energy saat mengerem. Bahkan sebagian energi mesin dari mesin bensin/solar/bio fuel saat berjalan listriknya bisa disalurkan untuk mengisi batterai/aki. Dengan sistem operasi seperti ini maka akan terjadi penghematan BBM.

Mobil dengan mesin ganda juga mengeluarkan emisi CO2 yang lebih rendah yang karenanya menurunkan dampak terhadap pemanasan dan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi. Proses pembakaran yang rendah pada mobil hibrida dapat menghemat banyak pengeluaran bahan bakar.

 

Mobil dari Sang Surya

Mobil tenaga surya atau tenaga matahari, adalah jenis kendaraan yang menggunakan tenaga matahari sebagai sumber energinya. Energi matahari ditangkap dengan menggunakan panel cell surya kemudian digunakan untuk menggerakkan motor listrik yang berfungsi untuk memutar roda. Agar dapat digunakan secara stabil maka pada mobil surya dilengkapi dengan tempat penyimpanan energi umumnya digunakan accu atau baterai.

Keunggulan dari mobil surya adalah menggunakan panel surya sebagai alat penangkap energinya ini pastinya ramah lingkungan karena panel surya tidak memancarkan gas rumah kaca yang berbahaya seperti karbon dioksida. Panel surya memanfaatkan energi matahari dan matahari adalah bentuk energi paling berlimpah yang tersedia di planet kita.

Panel surya tidak memberikan kontribusi terhadap polusi suara dan bekerja dengan sangat diam. Harga panel surya pun terus turun meskipun mereka masih harus bersaing dengan bahan bakar fosil. Masa pakainya yang panjang mencapai 25-30 tahun, menggaransi penggunanya akan menghemat biaya energi dalam jangka panjang pula.

Dari semua keunggulan mobil-mobil nol emisi di atas merupakan salah satu transportasi masa depan yang hemat bahan bakar dan ramah pada lingkungan pastinya. Desain pada masing-masing mobil pun sangat menarik tidak kalah dengan mobil-mobil konvensional. Jadi kita tetap bisa percaya diri dan tetap berkontribusi pada pengurangan emisi karena pemakaiannya.

 

Penulis : Novita Puspa

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment