Internasional 

Motor Termahal di Dunia

Motor kini menjadi alat transportasi yang paling banyak dicari oleh masyarakat. Pasalnya, bodi motor lebih ramping daripada mobil, dan motor juga lebih praktis dan simple karena mampu melewati medan yang lumayan tangguh. Selain itu, harga motor yang jauh lebih murah dibandingkan harga mobil. Namun, siapa sangka ternyata ada motor yang harganya melebihi harga mobil, lho!

Dunia otomotif kini berkembang kian pesat, termasuk perkembangan kendaraan roda dua atau motor. Selain berlomba meraih pangsa pasar sebanyak mungkin, para pabrikan motor juga berlomba membuat master piece sebagai tanda kemajuan teknologi yang dimiliki. Tak heran, kini banyak motor dengan wujud dan tampilan eksotis dan dibekali teknologi terkini yang beredar di pasaran. Wujudnya yang eksotis dan teknologi yang tinggi membuat motor tersebut dibandrol dengan harga yang sangat mahal.

Motor termahal di dunia ini biasanya sejenis motor sport atau motor gede. Motor tersebut dijual dengan harga mahal berkat kemampuannya yang luar biasa, terutama pada kecepatan. Lebih lagi, desain motor tersebut sangat elegan dan modis. Berikut 10 motor dengan harga termahal di pasaran yang beredar selama 2015 seperti dirilis The Richest.

 

Neiman Marcus Limited Edition Fighter

Neiman Marcus Limited Edition Fighter dinyatakan sebagai motor termahal di dunia. Neiman dibandrol seharga USD 11 juta atau setara Rp 148,2 miliar. Padahal harga motor ini pada awalnya hanya  sebesar USD 111 ribu. Produksinya yang terbatas hanya sebanyak 45 unit ini menjadi salah satu alasan bahwa Neiman menjadi motor buruan para kolektor. Sehingga penjualan Neiman Marcus Limited Edition Fighter rata-rata dilakukan pelelangan hingga harga belasan juta dolar.

 

E90 AJS Porcupine

Motor klasik E90 AJS Porcupine buatan tahun 1949 menjadi motor dengan harga termahal di dunia setelah Neiman. Porcupine dibanderol USD 7 juta atau sekitar Rp 94,3 miliar. Harga fantastis dari motor klasik ini disebabkan karena motor ini diproduksi hanya empat unit di dunia. Selain jumlahnya yang langka, motor AJS Porcupine ini juga memiliki sejarah yang gemilang di dunia balap internasional. Motor ini pernah menjadi motor pemenang kejuaraan motor dunia di 1949.

Beberapa pengamat juga menyebutkan jika E90 AJS Porcupine merupakan salah satu motor dengan desain paling cantik dan inovatif bahkan hingga saat ini.

 

Ecosse Spirit

Selain Neiman dan Porcupine, motor Ecosse Spirit juga menjadi motor dengan unit terbatas dengan harga yang fantastis. Ecosse hanya dibuat sebanyak 10 unit dan dibanderol harga sebesar USD 3,6 juta atau setara Rp 48,5 miliar.

Pembuatan Ecosse dilakukan atas gabungan teknisi andal dari Inggris dan Amerika Serikat. Hadir dengan mengadaptasi beberapa teknologi dari Formula 1, salah satunya adalah bodi dan beberapa komponen yang dibuat dari bahan titanium super ringan.

Pembeli motor ini juga tak bisa seenaknya saja menunggangi salah satu motor tercepat di dunia ini. Untuk bisa mengendarainya, sang pemilik harus mendapatkan lisensi dari pabrikan dengan mengikuti sesi pelatihan selama dua minggu.

 

Hildebrand & Wolfmuller

Sebagai motor compact pertama di dunia, Hildebrand & Wolfmuller sukses masuk deretan motor dengan harga termahal. Motor tersebut dibanderol USD 3,5 juta atau setara Rp 47,1 miliar. Diproduksi dari 1894 hingga 1897, motor ini mampu berjalan hingga 50 km/per jam. Meski tak secepat kendaraan roda dua di masanya, namun sepeda motor pertama di dunia ini tetap diminati kala itu.

Untuk saat ini, motor Hildebrand & Wolfmuller yang masih tersisa dapat dinikmati di berbagai museum di dunia seperti di London, Jerman, Detroit, Maine, dan juga Indonesia.

 

Yamaha BMS

Dari deretan motor di atas, ternyata Motor Yamaha juga memiliki motor dengan harga yang sangat mahal, yakni Yamaha BMS. Motor ini hadir dengan model chopper khas moge Amerika Serikat, sangat berbeda dengan Motor Yamaha pada umumnya yang diidentikkan dengan desain modern, dinamis, dan futuristik.

Yamaha BMS ini juga disebut sebagai chopper paling mewah di pasaran dengan beberapa bagian bodi yang dilapis emas 24 karat. Selain itu, mesin V-tein 1.700cc-nya yang membuat performa motor ini tak perlu diragukan lagi. Dengan berbagai kemewahan yang disajikannya, Yamaha BMS ini dijual dipasaran dengan harga USD 3 juta atau setara Rp 40,4 miliar.

 

Harley Davidson Cosmic Starship

Siapa yang tidak mengenal Harley Davidson? Pabrikan motor gede yang sangat menawan ini ternyata memiliki motor yang sangat mahal, yaitu Cosmic Starship. Cosmic yang beredar di pasaran dibandrol harga sebesar USD 1,5 juta atau setara Rp 20,2 miliar.

Secara keseluruhan, aspek mesin dan fitur lainnya pada Cosmic tidak beda jauh dengan motor pabrikan Harley Davidson lainnya. Yang membuatnya berbeda ialah motor gede ini merupakan edisi spesial dengan bodi dilapisi lukisan buah karya seniman Jack Armstrong. Karya lukisan Jack Armstrong sendiri biasanya beredar di pasaran dengan harga antara USD 300 ribu hingga USD 3 juta.

 

Dodge Tomahawk V10 Superbike

Mengusung desain futuristik, motor Dodge Tomahawk V10 Superbike hadir di pasaran dengan dibandrol USD 550 ribu atau setara Rp 7,4 miliar. Harganya yang mahal sesuai dengan kecepatannya yang luar biasa. Dodge Tomahawk V10 mengusung mesin 10-silinder dan mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 2,5 detik saja. Sedangkan untuk kecepatan maksimum, superbike ini bisa melesat hingga 300 mph.

Namun, motor ini hanya dijual dalam keadaan off the road dan dilarang digunakan di jalan umum. Motor ini juga sempat masuk jajaran motor termahal di 2014.

 

NCR Macchia Nera

Motor termahal lainnya ialah NCR Macchia Nera. Macchia termasuk jajaran motor limited edition yang hanya hadir dalam jumlah terbatas di pasaran. Motor ini beredar dengan harga sekitar Rp 225 ribu atau setara Rp 3 miliar.

Dirancang oleh desainer otomotif terkenal, Aldo Drudi, NCR Macchia Nera sukses jadi motor mahal karena berat total yang diusungnya. Motor ini hanya memiliki berat 149 kg, atau jadi moge teringan di dunia.

 

MTT Turbine Streetfighter

Selain kecepatannya yang luar biasa, MTT Turbine Streetfighter juga masuk ke jajaran motor termahal di dunia dengan harga USD 175 ribu atau setara Rp 2,3 miliar. Motor ini hadir di pasaran dengan mengusung mesin model C18 turboshaft yang mampu menghasilkan tenaga hingga 420 HP. Belum lagi hadirnya turbin Royce-Allison buatan Rolls Royce yang disematkan di mesinnya. Hadirnya mesin tersebut membuat motor ini tak hanya bertenaga namun juga miliki torsi melimpah.

 

Icon Sheene

Terakhir, Icon Sheene menjadi sepeda motor yang masuk di deretan motor termahal di dunia kali ini. Motor ini hadir di pasaran dengan harga USD 172 ribu atau sekitar Rp 2,2 miliar. Sempat digadang-gadang menjadi motor paling bertenaga saat awal dirilis, Icon Sheene dihadirkan dengan mengusung mesin 1.400cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 250 HP akibat bantuan supercharger buatan Garrett.

Mahalnya harga motor Icon Sheene ini juga disebabkan jumlahnya yang terbatas, yaitu 52 unit saja di seluruh dunia.

 

Penulis : Novita Puspa,

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment