Olah Kambing Jadi Lezat

Selamat Hari Raya Idul Adha 1437 H. Sambil berkumpul bersama keluarga tidak ada salahnya untuk menyajikan hidangan olahan daging kambing yang nikmat sebagai sajian khas lebaran kali ini.

Daging kambing sangat nikmat dihidangkan dengan berbagai cara, namun kenikmatan itu akan berkurang ketika daging tersebut masih menyimpan bau amis yang sangat khas. Apalagi jika tekstur daging tersebut menjadi keras dan susah untuk dikunyah. Nah, berikut ini terdapat beberapa tips mengolah daging kambing tetap lezat tanpa bau dan alot. Mari simak!

 

Singkirkan lemaknya

Aroma amis pada daging kambing sebagian besar berasal dari lapisan lemak berlebih yang menempel di daging. Untuk itu, kita perlu membuang lemak berlebih yang menempel pada daging dengan mengirisnya. Agar lebih mudah, dinginkan dulu daging kambing di dalam lemari es. Jika lapisan lemak sudah beku, kita dapat mengirisnya dengan lebih mudah.

 

Jangan dicuci

Berbeda dengan daging lainnya yang harus dicuci terlebih dulu sebelum dimasak, daging kambing jangan dicuci dulu. Sebab, jika kita mencucinya, maka tekstur daging akan jadi lebih alot dan bau amisnya semakin tajam. Untuk membersihkannya, kita dapat langsung merebus daging kambing dalam keadaan tak dicuci. Buang air rebusan kambing, setelah itu olah daging seperti biasa.

 

Taburi garam

Bagaimana jika kita telanjur mencuci daging kambing? Tidak perlu khawatir! Jika kita telanjur mencuci daging kambing, kita dapat menambahkan taburan garam untuk menetralisir darah yang menyebabkan aroma tak sedap. Balurkan garam ke seluruh permukaan daging, kemudian diamkan selama 1 jam. Cuci kembali daging kambing sebelum diolah.

 

Rebus dengan rempah-rempah

Daging kambing yang telah dicuci sebaiknya direbus menggunakan campuran rempah-rempah berbau harum seperti daun jeruk, jahe, serai, dan kemangi. Rempah-rempah tersebut akan menetralisir bahkan menghilangkan bau amis pada daging kambing.

 

Baluri dengan parutan nanas

Kita juga dapat memanfaatkan getah nanas untuk melunakkan daging kambing yang alot. Getah nanas yang tajam juga dapat membantu mengatasi aroma amis daging. Lumuri daging kambing mentah dengan parutan nanas, kemudian diamkan selama setengah jam. Setelah itu baru olah seperti biasa.

 

Baluri dengan parutan pir

Selain nanas, pir juga bisa dimanfaatkan untuk melunakkan daging. Di barat, penggunaan buah pir untuk melunakkan daging lebih umum daripada nanas. Caranya sama saja seperti nanas, yaitu parut buah pir, kemudian gunakan untuk melumuri daging.

 

Bungkus dengan dedaunan

Daun-daunan dapat dimanfaatkan juga untuk melembutkan dan mengatasi bau tak sedap pada daging kambing. Salah satunya ialah daun pepaya. Daun pepaya memiliki enzim yang dapat melunakkan daging kambing. Bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya. Jika tidak ada daun pepaya, kita juga bisa memanfaatkan daun jambu atau daun jati untuk membungkus daging kambing.

 

Lumuri dengan jeruk nipis

Jeruk nipis punya banyak manfaat untuk mengolah daging kambing. Selain dapat melunakkan dan mengurangi bau amis daging, air jeruk nipis juga dapat membunuh bakteri. Lumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Diamkan selama kurang lebih setengah jam, kemudian masak seperti biasa.

Dengan pengolahan yang tepat, daging kambing akan sangat nikmat disajikan dalam resep apapun sesuai selera kita. Selamat menikmati!

 

Penulis : Novita Puspa

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment