Aktivitas Reporter Potensi Energi Teknologi 

PLN Siap Penuhi Listrik EBT Wilayah Sumatera

Reporter Integriti, Anita Nur Fitriany, meliput acara penandatanganan 38 MoU dan 2 PPA Pembangkit IPP EBT oleh para pengembang dan pihak PT PLN (Persero), Jumat (19/5) di Kantor Pusat PLN. Hal tersebut dilakukan melihat terbitnya Peraturan Menteri ESDM Nomor 12 Tahun 2017 harus segera dieksekusi, sehingga di tahun 2025 dapat menuntaskan target pengembangan EBT sekitar 25%.

 

Wilayah Sumatera sempat mengalami defisit listrik beberapa tahun yang lalu, Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN (Persero) Amir Rosidin memaparkan, “Tahun 2015, banyak daerah yang mengalami defisit. Mulai dari Lampung, defisit pemadaman rata-rata sampai dengan 80 Megawatt. Kemudian, daerah tengah di Riau juga mengalami defisit sekitar 80 Megawatt. Lalu, di Jambi, Sumatera Utara terjadi pemadaman sekitar 200 Megawatt setiap malam,” paparnya.

Maka, menurutnya tidak heran jika kantor-kantor pemerintahan dan rumah sakit di area Sumatera banyak yang membelu jenset. Begitupun juga di wilayah Aceh.

Namun, tatkala PLN mulai memenuhi kebutuhan listrik yang sempat mengalami defisit tersebut di akhir 2015. “Untuk di daerah Sumatera Utara ada 300 mVA kita sambung. Sekarang, tahun 2017 terhitung sampai bulan Maret, sudah kita sambung sebesar 150 mVA. Untuk para pengembang yang ada saat ini sangat memberikan bantuan pada sistem Sumatera. Kebanyakan di daerah Barat. Daerah Timur belum terlihat. Oleh karena itu, kita tawarkan untuk daerah Timur, terutama untuk biomassa,” kata Amir.

Menurutnya, ini merupakan potensi yang besar bagi para pengembang dan bagi PT PLN (Persero) dalam memenuhi kebutuhan listrik, khususnya untuk EBT.

Kini wilayah Sumatera sedang mengejar transmisi. Tahun 2016 transmisi yang dioperasikan adalah 1700 km sirkuit. Sedangkan, trafo Gardu Induk dioperasikan 3400 mVA. Kemudian, tahun 2017 akan dioperasikan 4000 km sirkuit yang akan menyambung hingga ke Binjai.

Amir berharap dengan adanya Mou tersebut para pengembang harapan dapat memberikan kontribusi untuk melistriki di daerah Sumatera. Sehingga, ke depannya tidak ada alasan kalau Sumatera defisit listrik lagi.

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment