Rayuan Bahari Gili Trawangan Nan Eksotis

Jernihnya air laut dan lembutnya pasir putih yang bersanding diatas terumbu karang, lengkap dengan berbagai jenis biota lautnya menjadi potret keeksotisan Gili Trawangan. Pulau kecil di sebelah barat laut Lombok ini bak pemikat anak cucu adam tuk terus kembali mendengar dan merasakan rayuan janji manis alamnya.

Nusa Tenggara Barat memiliki beberapa Gili, daratan kecil yang dikelilingi lautan terlihat seperti pulau terapung di tengah luasnya hamparan bahari yang membiru. Sapaan hangat alam Gili dapat dinikmati dari berbagai angle panorama. Gili Trawangan menjadi salah satu Gili yang paling diminati para pelancong dibandingkan Gili Meno dan Gili air.

Wisata Gili Trawangan menyuguhkan keindahan alam bawah laut yang mempesona nan eksotis dengan lanskap pantai yang menawan. Bahkan Lonely Planet Best di 2011 merilis buku panduan perjalanan dan memasukkan wisata Gili Trawangan “Top 10 Region” paling recommended di dunia untuk dikunjungi.

 

Menyelam Dalamnya Laut Trawangan Yang Membiru

Berkunjung ke Gili Trawangan tentu tak lengkap tanpa snorkeling atau diving trip untuk menjelajah celah-celah keindahan terumbu karang hingga berjumpa satwa langka –penyu hijau– di kedalaman 10-20 meter di bawah permukaan bahari Trawangan. Bahkan sejumlah spot penyelaman terkenal memiliki keunikan-keunikan tersendiri, di antaranya Jack Point, SharkPoint, Halik Reef, CoralFanGardern, Bounty Reef, Trawangan Slope, Simon Reef, dan Turbo. Sehingga tak heran jika kita mudah menemukan operator diving biasa hingga berlisensi internasional berkantor disana.

Snorkeling dapat menjadi pilihan lain, seandainya sungkan ber-diving. Operator snorkeling di pulau kecil sepanjang 2 km ini biasanya melayani paket snorkeling trip  dengan rute meliputi tiga Gili –Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air.

 

Balutan lengkap Pasar Seni, Sunset View dan Bayi Penyu

Kontur pantai khas Lombok terbentangan pasir putih bersih serta pemandangan indah untuk menikmati megahnya Gunung Rinjani dan Gunung Agung dari kejauhan. Bahkan ketika sore hari di sebelah barat pulau, terdapat spot Sunset View cukup disenangi untuk bercengkerama santai seraya menanti matahari kembali ke peraduannya.

Tak hanya sebagai tempat bersantai, dekat pelabuhan Gili Trawangan juga terdapat Taman Konservasi Penyuyang dikelola oleh organisasi non-profit. Dengan dana dari donasi pengunjung, taman ini memelihara bayi-bayi penyu. Agar bayi penyu dapat berkembang secara bebas, mereka dikembalikan ke laut seperti upacara adat pelepasan satwa.

Selain itu, bergeser ke sekitar Pasar Seni, wisatawan dapat menikmati Kesenian Presean –seni bela diri tradisional dari masyarakat suku Sasak di Nusa Tenggara Barat. Kesenian ini berbalut ekstrim, tak jarang pemain terluka tatkala bertarung dalam pertunjukan. Menariknya, ritme pertarungan diiringi Beleganjur –musik tradisional Lombok. Bak pertandingan sepak bola, kesenian ini pun digenapkan dengan suara komentator dipengeras suara.

 

Jajaran Kemudahan

Trawangan termasuk Gili yang memiliki fasilitas paling beragam untuk wisatawan dibandingkan dengan Gili lainnya. Berbagai tipe akomodasi tersedia, mulai dari homestay berkamar standar hingga resort mewah. Uniknya, pulau yang tak berpolusi ini hanya menyediakan angkutan trandisional Cidomo berkapasitas enam orang untuk memudahkan wisatawan dalam menjelajah semua sudut Trawangan.

Tak kalah pentinga, disana  juga tersedia fasilitas ATM  Bersama di area Gili Trawangan Sentral. Jejeran mesin ATM Bank BNI, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank CIMB Niaga dan Bank Danamon ini saling berurutan satu sama lainnya. Sehingga, ketika berkunjung ke surga kecil Lombok ini tak perlu khawatir untuk membawa uang tunai secukupnya. Selamat berjelajah hingga tepi Indonesia.

 

Penulis : Candra Fivetya

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment