Hijau 

Riversimple, Solusi untuk Polusi

Selain bentuknya unik, Riversimple sangat ramah lingkungan. Mobil ini menjadi ‘primadona’ baru mobil nol-emisi.

 

Riversimple, Mobil Listrik

Pernah mendengar tentang mobil hibrida dan mobil listrik? Dua jenis kendaraan ini adalah solusi yang pernah dicoba untuk dikembangkan sebagai teknologi transportasi ramah lingkungan. Selain kedua jenis mobil tadi, sekarang juga sudah muncul mobil berbahan bakar sel atau Fuel Cell vehicle, yang merupakan prinsip elektrolis hydrogen untuk membangkitkan listrik yang nantinya digunakan sebagai penggerak motor listrik. Teknologi ini dianggap sebagai solusi ideal transportasi karena emisi yang dihasilkan hanya uap air.

Riversimple merupakan kendaraan ramah lingkungan telah berhasil diciptakan dengan prototype mobil listrik bertenaga hidrogen. Mobil bertenaga hidrogen diciptakan dengan sebuah teknologi mobil baru yang menggunakan konsep mobil urban yang dapat ditumpangi 2 orang. Teknologi tersebut ditujukan untuk memenuhi kebutuhan akan hadirnya sebuah mobil yang ramah lingkungan sekaligus efisien saat digunakan. Kini, mobil Riversimple tengah dikembangkan oleh perusahaan asal Inggris yang diketuai oleh Hugo Spowers, seorang mantan desainer mobil balap.

 

Cerdasnya Riversimple

Mobil Riversimple yang hanya berbobot 350 kg membuat mobil ini dapat bergerak lincah hingga kecepatan tinggi. Mobil cerdas didukung dengan mesin yang berbahan bakar hidrogen sehingga tidak ada gas buang yang keluar. Ditambah lagi yang keluar dari knalpot mobil unik tersebut adalah air.

Riversimple dapat berjalan normal hingga 300 kilometer dan dapat diisi ulang dalam waktu 3 menit. Riversimple pun mampu berlari dari 0-48 km dalam waktu 5,5 detik dan dapat mencapai kecepatan puncak 80 km/jam. Jika dikonversi dengan hitung-hitungan km per liter bensin, maka mobil ini dapat melaju hingga 120 km untuk setiap liter bahan bakarnya.

Mobil ramah lingkungan dibentuk dengan desain bodi unik yang terbuat dari bahan komposit. Ada 4 motor listrik yang tersemat di setiap roda dan disokong dengan teknologi pengereman regeneratif. Penempatan tangki mobilnya pun berada di belakang bodi.

 

Rencana Besar Riversimple

Hidrogen tidaklah murah, tapi Riversimple menyiasati dengan bentuk kecil dan ringan sehingga ongkosnya murah dan dampak lingkungannya kecil. Namun semuanya tidak semudah yang diharapkan. Awalnya kendaraan ramah lingkungan tidak pernah terwujud,walaupun rancangannya sudah sangat rinci di atas kertas.

Namun Spowers tidak berkecil hati, setelah mendapat pendanaan, kendaraan karyanya akhirnya dirancang ulang dengan badan yang lebih kecil. Pada pertengahan Februari 2011 purnarupa-nya sudah siap. Untuk pembukaan dari mobil Riversimple dan perusahaan telah diadakan pada 16 Juni 2009, di Somerset House di Strand di London. Akhirnya kendaraan tersebut diproduksi secara massal pada 2013. Kemudian, pada akhir 2015, Riversimple memiliki lebih dari 60 kendaraan untuk diuji coba di dua lokasi di Inggris.

Kini, dengan Riversimple, kita dapat melakukan perjalanan dengan 1 kg hidrogen untuk 4 kali perjalanan. Jika satu kali perjalanan rata 300km, maka dengan 1 kg dapat menepuh jarak 1200 km. Sehingga dapat menjadi solusi ideal untuk kota-kota kecil yang mampu menghasilkan sumber hidrogen secara lokal.

Jadi, sudah siap untuk mencoba mobil hibrida Riversimple yang sangat ramah lingkungan?

 

Penulis : Novita Puspa

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment