Se-ri Pak, Pegolf Dengan Sederet Prestasi

Sebagai suatu olahraga, bermain golf tidak hanya mengandalkan teknik bermain yang baik, namun juga pengendalian emosi ditambah dengan konsentrasi. Semua itu menghadirkan tantangan tersendiri bagi pegolf itu sendiri. Tidak heran jika olahraga golf ini melahirkan sederet pemain-pemain kelas dunia dari berbagai berbagai belahan dunia. Dengan menampilkan permainan terbaiknya, para pegolf berusaha untuk menjadi yang terbaik.

Di antara sederet pegolf dunia tersebut terdapat nama Se Ri Pak. Pegolf dengan tinggi badan 168 cm ini merupakan pemain yang cukup disegani dalam dunia golf. Pegolf asal negeri gingseng ini lahir 28 September 1977 di Daejon, Korea. Dia mulai belajar bermain golf sejak berumur empat belas tahun. Pengaruh sang ayah terhadap kariernya di dunia golf ternyata sangat besar. Ini terlihat dengan beragam prestasi yang berhasil diraih oleh Se Ri Pak. Dalam berkiprah dijalur golf amatir, Pak yang mempunyai hobi bermain video game ini mempunyai prestasi yang baik. Dia berhasil memenangi 30 turnamen golf yang diselenggarakan di negaranya, Korea. Dan ternyata kemampuan bermain golfnya semakin baik seiring dengan berjalannya waktu. Semua itu dibuktikannya ketika mulai beralih ke jalur profesional pada tahun 1996. Dalam kurun waktu 1996 – 1997, dia sudah berhasil menjadi juara dalam enam turnamen yang diselenggarakan oleh Korea LPGA Tour. Dan ternyata di tahun 1998 merupakan tahun yang gemilang bagi pegolf yang berdomisili di Orlando, Florida, Amerika ini. Se Ri Pak mampu meraih juara di turnamen major yang berbeda, yaitu di McDonald’s LPGA Championship dan US Women’s Open.

Di tahun yang sama Se Ri Pak juga mampu meraih penghargaan sebagai LPGA Rookie of the Year karena prestasinya yang terbilang cemerlang di beberapa turnamen LPGA yang diikutinya. Selain itu, Se Ri Pak juga berhasil mendapatkan penghargaan Order Of Merit dari Pemerintah Korea, ini merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan bagi para atlet Korea yang berprestasi. Selama berkiprah di dunia golf, Se Ri Pak telah berhasil menjuarai banyak turnamen golf kelas dunia. Hingga tahun 2007, Se Ri Pak telah memenangkan 30 gelar juara, termasuk memenangi lima turnamen major golf dunia yaitu, McDonald’s LPGA Championship (1998, 2002, 2006), US Women’s Open (1998), serta satu kali juara di Women’s British Open (2001). Karena menjadi kampiun di kejuaraan major merupakan impian bagi para pegolf dunia, dan ternyata Pak mampu mewujudkan semua itu dengan semangat serta kerja keras.

Dan ternyata selain berhasil meraih lima gelar major tersebut , pegolf berkebangsaan Korea ini juga tercatat sebagai pengumpul hadiah kelima terbesar hingga tahun 2007, yaitu sebesar US$ 9,787,077. Sebagai seorang pegolf professional, Se Ri Pak memiliki kemampuan komplet, pukulan jarak jauhnya sangat baik serta akurat. Selain itu, jika bola berada di daerah green, maka dia hanya memerlukan sentuhan lembut untuk mendaratkan bola tepat dekat hole.

Tidak sampai di situ saja, tahun 2007 lalu Se Ri Pak juga dipilih sebagai kapten tim Asia dalam ajang Lexus Cup. Di ajang ini Pak berhasil memimpin rekan-rekannya merebut trofi Lexus Cup dengan mengalahkan tim internasional. Di tahun 2007 Se Ri Pak juga tercatat sebagai anggota termuda pada The LPGA Tour and World Golf Halls of Fame pada usia 30 tahun, 1 bulan dan 15 hari. Se Ri Pak merupakan pegolf Asia ketiga yang berhasil masuk dalam the LPGA Tour and World Golf Halls of Fame. Semua ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi pegolf asal Korea tersebut.

Kerja keras, mental baja serta semangat bertanding yang luar biasa serta didukung kemampuan bermain yang luar biasa merupakan modal Se Ri Pak dalam berkiprah di dunia golf. Karena selama menekuni olahraga golf ini, Se Ri Pak telah menjelma menjadi pegolf yang tangguh serta disegani. Enjoy the game!

 

Penulis : Chairudi Bharata Dharma

Editor   : Muhammad Pamungkas

Dimuat : Majalah PELANGI (PLN) – Juli 2008

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment