Segar Dengan Kemangi

Konsumsi Daun Kemangi di kala pagi dapat menyegarkan tubuh dan fit sepanjang hari.

Kemangi mempunyai nama latin Ocimum Basilicum yang berarti tumbuhan beraroma. Hal ini merujuk pada aroma khas yang keluar dari Daun Kemangi. Di Indonesia sendiri kemangi lebih sering dimanfaatkan sebagai pelengkap berbagai jenis masakan untuk menambah aroma yang menggugah selera.

Ternyata, selain digunakan sebagai bumbu masak, Daun Kemangi juga bermanfaat bagi kesehatan. Daun Kemangi menyimpan manfaat bagi sistem kekebalan tubuh. Bahkan, jika kita mengonsumsi Daun Kemangi di pagi hari, maka dapat meningkatkan kekebalan alami tubuh.

Hal ini dikarenakan, Daun Kemangi mengandung betakaroten (provitamin A) dan vitamin C. Betakaroten berperan mendukung fungsi penglihatan, meningkatkan respon antibodi (memengaruhi fungsi kekebalan tubuh), sintesis protein untuk mendukung proses pertumbuhan, dan sebagai antioksidan.

Vitamin C pada Daun Kemangi berguna untuk pembentukan kolagen untuk penyembuhan luka dan memelihara elastisitas kulit. Selain itu, kandungan vitaminnya dapat membantu penyerapan kalsium dan zat besi, antioksidan, serta mencegah pembentukan nitrosamin yang bersifat karsinogenik atau yang menyebabkan kanker.

Kandungan non gizi pada Daun Kemangi juga sangat baik untuk tubuh. Daun Kemangi mengandung senyawa flavonoid dan eugenol, arginin, anetol, boron, dan minyak atsiri. Flavonoid dan eugenol berperan sebagai antioksidan, yang dapat menetralkan radikal bebas, menetralkan kolesterol dan bersifat antikanker. Senyawa ini juga bersifat antimikroba yang mampu mencegah masuknya bakteri, virus, atau jamur yang membahayakan tubuh. Daun Kemangi sangat bagus dikonsumsi wanita karena eugenol-nya dapat membunuh jamur penyebab keputihan.

Untuk mendapatkan manfaat Daun Kemangi secara efektif, sebaiknya konsumsi Daun Kemangi sebanyak 3-4 daun di pagi hari saat perut masih kosong. Pastikan untuk mencuci bersih Daun Kemangi sebelum mengonsumsinya. Setelah itu, kita bisa mengonsumsi dua gelas air. Usahakan untuk tidak mengonsumsi apapun selama 30 menit setelah mengonsumsi Daun Kemangi tersebut, dan rasakan sensasi tubuh yang segar dan fit sepanjang hari.

 

Penulis : Novita Puspa

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment