Hijau 

Segway, Moda Hijau Baru

Kendaraan tepat dan dibutuhkan untuk moda transportasi sehari-hari adalah kendaraan hijau seperti sepeda dan Segway.

Moda Segway

Segway adalah sebuah kendaraan listrik yang dapat menyeimbangkan-sendiri dan memiliki dua roda. Kendaraan yang tentunya tidak menyebabkan polusi ini bernama lengkap Segway adalah Segway Human Transporter atau sarana transportasi bagi perorangan. Kendaraan mini tersebut diciptakan oleh Dean Kamen dan keberadaannya pertama kali diungkapkan pada 3 Desember 2001 di Bryant Park dalam acara Good Morning America. Moda yang mirip dengan skuter atau otopet bermesin versi modern diproduksi oleh perusahaan Segway LLC, yang berbasis di Bedford, New Hampshire.

Maksud dari penciptaan Segway diawali oleh Dean yang ingin merancang sebuah moda yang lebih praktis dari sepeda untuk menggantikan mobil dan sepeda motor di pusat kota yang penuh kendaraan bermotor. Segway dimaksudkan untuk dapat membantu mengurangi polusi dan memecahkan masalah lingkungan lainnya. Namun, Segway tidak dimaksudkan untuk dikendarai di jalan besar, melainkan di jalur jalan sepeda.

Langsung Gerak

Segway digerakan oleh motor dan baterai Li-ion. Untuk mengerakan Segway, pengendara cukup mencondongkan badan sehingga pedal kontrol mengaktifkan motor untuk maju. Demikian juga gerakan mundur, pengendara hanya mengarahkan badan kebelakang dan Segway pun akan mundur secara otomatis.

Segway efisien untuk berputar, bahkan bisa berputar 360 derajat dari titik poros kendaraan. Misalnya pengendara ingin berbelok, maka cukup memiringkan badan ke arah yang dituju. Sensor pada kaki pengendara akan mengatur kebutuhan power motor dan membuat salah satu sisi roda bergerak lebih cepat.

Selain kendaraan ini dapat digerakan ke depan atau ke belakang menurut kehendak pengemudinya, Segway dilengkapi dengan komputer dan giroskop untuk menggerakannya dan membuatnya berjalan seimbang. Kendaraan ini dapat dikendarai sampai berkecepatan 19 kilometer per jam. Kecepatan Segway pun diatur dari sistem balancing atau keseimbangan pengendaranya.

Kunci untuk mengaktifkan Segway disebut Info Key yang memakai teknologi wireless. Info Key dapat mengatur dan menonaktifkan kendaraan ini tanpa kabel. Selain difungsikan sebagai kunci, Info Key juga dapat memberikan informasi status persediaan dari tenaga baterai. Tanpa Info Key tersebut Segway tidak dapat diaktifkan.

Segway, Skuter Visioner

Untuk mendapatkan Segway, dibutuhkan dana sekitar 5000 US dollar, kira-kira Rp 45 juta. Harga yang cukup mahal memang untuk hanya sebuah alat transportasi yang mirip skuter. Namun untuk kebaikan bersama dalam mengurangi emisi tidak ada salahnya menggunakan kendaraan ini.

Kini, Segway telah digunakan oleh banyak orang untuk pergi kerja dan belanja. Penggunaan Segway biasanya untuk menggantikan berkendaraan mobil jarak dekat. Segway juga sudah digunakan oleh Dinas Kepolisian dan organisasi-organisasi lainnya untuk transportasi dalam menjalankan tugas kedinasan. Segway yang visioner tentunya bisa menjadi transportasi alternatif yang ramah lingkungan. So, grab it fast, guys!

 

Oper Alih Kepemilikan

Lincahnya kendaraan Segway terlihat di pusat perbelanjaan modern bukan lagi menjadi pemandangan aneh. Walaupun harganya mahal, namun peminat dari kendaraan tersebut sangatlah banyak. Menariknya, Segway yang semula diketahui kendaraan pabrikan Dean Kamen, namun kini ternyata beralih kepemilikan perusahaan menjadi milik Ninebot dan Xiaomi.

Ninebot merupakan tim teknisi robotik asal China yang fokus pada pengembangan kecerdasan buatan dan perlindungan lingkungan. Perusahaan ini turut menggarap kendaraan mirip Segway. Sebagian aset Ninebot dipunyai Xiaomi setelah mereka melangsungkan proyek crowdfunding dua tahun silam. Kini, Ninebot dikabarkan sukses mengakuisisi Segway.

Pengumuman tersebut muncul setelah Xiaomi dikabarkan turut bergabung dalam program pendanaan Ninebot sebesar US$ 80 juta bersama Sequoia Capital dan Shunwei Foundation. Setelah menyerap Segway, rencananya Ninebot akan mengembangkan teknologi electric driving, mobile internet, beserta teknologi interaksi antara mesin dan manusia.

Meski ‘menjadi satu’, brand tetap dipasarkan secara terpisah – Segway masih berpatokan pada konsep desain khas mereka, begitu pula Ninebot dan Ninebot One. Akusisi ini adalah babak baru perusahaan berbasis di New Hampshire yang telah beroperasi secara independen selama 14 tahun, mengubah Dean Kamen menjadi ikon pop culture.

 

Penulis : Novita Puspa

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment