Tips 

Sehat, Liburan Pun Berkesan

Waktu liburan ialah watunya untuk beristirahat sejenak dari rutinitas sehari-hari. Melepaskan semua kepenatan dan kejenuhan dari pekerjaan dapat me-refresh pikiran kita. Namun jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan kita ketika dalam perjalanan guna mencegah hal-hal yang tidak dinginkan.

Persiapkanlah semua detail keperluan liburan kita agar kita bisa menikmati liburan dengan nyaman dan menyenangkan. Berikut beberapa tips sehat yang dapat jadikan referensi untuk liburan.

 

Makan Sebelum Berangkat Dan Istirahat Cukup

Disarankan sebelum berangkat memulai perjalanan liburan kita makan terlebih dahulu. Jika melakukan perjalanan dengan perut kosong, dapat memicu  masuk angin. Masuk angin merupakan salah satu musuh terbesar dalam perjalanan, terlebih perjalanan liburan yang cukup jauh. Bahkan masuk angin dapat mengakibatkan mabuk dalam perjalanan.

Selain itu, selama dalam perjalanan maupun di tempat berlibur, pastikan kita tetap mendapatkan istirahat yang cukup. Cukup tidur dapat menjaga tubuh kita tetap fit untuk melakukan kegiatan liburan. Bahayanya, jika anda berlibur dengan menggunakan kendaraan sendiri. Sebaiknya, luangkan waktu untuk istirahat dan tidur sejenak ketika sudah mulai merasa lelah. Selama mengendarai seluruh otot tubuh akan terasa kaku dan membutuhkan waktu istirahat untuk peregangan melancarkan perdaran darah. Sudah sering kita mendengar kecelakaan dalam perjalanan karena pengemudi mobil mengantuk saat mengendara. Terutama jika kita menempuh jarak yang jauh. Oleh karena itu, waspadai dan berisirahatlah yang cukup.

 

Tetap Jaga Pola Makan

Seenak apa pun makanan yang berada di tempat liburan, ada baiknya tetap menjaga pola makan. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada sembarang makanan masuk ke tubuh kita. Biasanya, selama liburan kita melupakan pola makan sehat untuk tubuh kita. Sebab asupan sehat tetap dibutuhkan tubuh meskipun dalam keadaan berlibur. Khusus untuk jam makan berat, disarankan agar makan berat tepat pada waktunya.

Tak hanya itu, cobalah hindari membeli makanan di sembarang tempat dengan pertimbangan mencari tempat makan yang diyakini kebersihannya. Namun, jika terpaksa makan di restoran cepat saji, pilihlah menu sehat seperti salad dengan dressing atau saus yang rendah lemak, atau daging panggang yang bukan digoreng.

 

Waspadai Dehidrasi dan lengkapi nutrisi vitamin

Selama berlibur air putih menjadi catatan penting. Minumlah air putih yang cukup secara teratur minimal delapan gelas per hari. Namun, lebih dari 8 gelas air putih perhari seperti biasanya, jauh lebih baik. Pasalnya, selama berlibur kita memiliki banyak aktivitas. Tentu cairan yang dibutuhkan tubuh pun akan lebih banyak juga. Hal tersebut sangat dibutuhkan agar cairan dalam tubuh tetap tersedia dan terhindar dari dehidrasi. Jika kita mengalami dehidrasi tubuh akan terasa lemas yang berdampak terganggunya waktu liburan.

Selain air putih, usahakan tetap cukupi asupan buah dan sayur selama liburan. Siapkan buah-buahan dan sayuran segar yang praktis dan bisa dikonsumsi kapan saja. Kita membutuhkan nutrisi, vitamin, dan mineral serta antioksidan dari buah. Serat pada buah dan sayur pun akan membantu melancarkan pencernaan kita.

 

Upayakan Tangan Bersih Badan Bugar

Saat liburan, kita lebih terekspos pada benda-benda yang banyak disentuh orang lain, yang belum tentu terjaga kebersihannya. Oleh karena itu, tetap jaga kebiasan baik kita untuk rajin mencuci tangan. Misalnya, biasakan mencuci tangan setelah menggunakan toilet umum. Tak ubahnya juga sebelum menyentuh makanan dan sebelum beristirahat. Untuk lebih memudahkan kita, baiknya sediakan juga hand sanitizer untuk dibawa kemana-mana yang terbukti secara medis mematikan bakteri.

Hal lain dari mencuci tangan, jangan jadikan liburan alasan untuk kita menghentikan diet sehat dan tidak olah raga. Tidak heran, sehabis liburan, berat badan kita naik dan stamina malah menurun. Ada baiknya melakukan jogging atau paling tidak olahraga yang disertai gerakan untuk membantu kita agar lebih fresh dan sehat ketika melakukan perjalanan. Agar tubuh  tetap sehat dan bugar selama berlibur.

Mari kita isi waktu liburan dengan pergi berlibur dan menghabiskan waktu  bersama keluarga dan teman terdekat. Persiapkan semua dengan matang agar sukses sesuai rencana. Selamat berlibur!

 

Penulis : Candra Fivetya

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment