Stabilkan Keuangan Pasca Lebaran

Keuangan tidak stabil pasca Lebaran? Ayo, pulihkan kembali dengan beberapa tips di bawah ini.

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu oleh umat muslim di Indonesia. Sebab, momen Lebaran menjadi ajang berkumpulnya keluarga besar dan mengunjungi sanak saudara di kampung halaman. Selain itu, sebagai waktu berlibur bersama keluarga. Semua aktivitas tersebut pastinya menuntut kita untuk mengeluarkan uang yang lumayan besar. Bahkan, mungkin ada yang menggunakan dana tabungan darurat atau berhutang.

Untuk memulihkan kembali kondisi keuangan kita pasca Lebaran, kita harus mampu mengubah kebiasaan boros kita. Selain itu, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan guna memulihkan kembali keuangan.

 

Periksa Catatan Pengeluaran

Pencatatan arus keuangan menjadi salah satu poin penting dalam pengaturan keuangan. Untuk melihat bengkaknya pengeluaran saat Lebaran, kita bisa memeriksa catatan keuangan saat Lebaran. Hal ini agar kita dapat segera mengisi kembali kekosongan uang yang telah terpakai saat Lebaran lalu. Selain itu, catatan ini menjadi acuan untuk menghadapi Lebaran yang akan datang agar kita lebih siap dan tidak kekurangan biaya.

 

Lunasi Hutang

Jika kita sampai berhutang saat Lebaran untuk menutupi kebutuhan, maka segeralah membayar hutang-hutang tersebut setelah Lebaran. Hutang biasanya terjadi karena pemakaian kartu kredit yang tidak terkontrol atau mungkin meminjamnya kepada kerabat terdekat. Membayar hutang sesuai dengan kemampuan kita, namun harus dilakukan secara konsisten agar cepat selesai.

 

Perketat Anggaran Belanja

Ingat, masa liburan telah usai. Sekarang saatnya kita kembali ke dunia nyata dan melakukan aktivitas yang rutinitas. Mulailah perketat kembali anggaran belanja dan berhematlah agar dapat segera memulihkan kondisi keuangan kita.

 

Kembalikan Dana Darurat

Tabungan darurat seringkali digunakan untuk hal-hal yang tidak dapat diprediksi termasuk biaya libur lebaran. Bila tabungan darurat habis atau terpakai maka segeralah isi kembali untuk memulihkan kondisi keuangan. Isilah tabungan tersebut sesuai kemampuan agar dapat menyelamatkan kita dalam masa-masa genting dan sulit yang tidak dapat kita hindari lagi.

 

Mulai Menabung Lagi

Masa-masa menghambur-hamburkan uang saat Lebaran telah selesai. Untuk itu, mari kembali menabung. Tentu saja kita harus memiliki target dalam menabung sehingga kita termotivasi untuk melakukannya secara rutin. Target yang dapat kita terapkan misalnya mengumpulkan uang untuk membeli aset tertentu, atau untuk investasi jangka panjang.

 

Siapkan Pengeluaran Jangka Panjang

Sementara kita sedang memulihkan keuangan pasca Lebaran, kita juga perlu menyiapkan dana untuk pengeluaran jangka panjang. Dana yang disiapkan tersebut akan membantu kesiapan finansial kita di masa depan.

Nah, itulah beberapa trik efektif untuk memulihkan keuangan pasca Lebaran.

Semoga Bermanfaat!

 

Penulis : Novita Puspa

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment