Internasional 

‘Surga’ Para Pesepeda

Bagi masyarakat di sebagian negara, mengendarai sepeda menjadi kesenangan dan kebiasaan. Hal ini dikarenakan kondisi wilayahnya yang jauh dari hiruk pikuk kendaraan bermotor dan sangat menunjang untuk mengendarai sepeda.

Bersepeda memang menyenangkan. Namun, lebih menyenangkan lagi jika kita bersepeda di wilayah yang tepat untuk para pesepeda. Nah, berikut ini adalah kota-kota di beberapa negara yang menjadi surga para pesepeda.

Copenhagen, Utopia Pesepeda

Walaupun menjadi kota metropolis di Denmark, namun Copenhagen tetaplah nyaman untuk para pesepeda. Pada hari biasa, ada 36% orang bekerja atau menuju ke sekolah yang menggunakan alat transportasi sepeda. Hal ini dipublikasikan melalui statistik yang dilansir Pemerintah setempat.

Dari data statistik tersebut, tidaklah mengherankan jika ibu kota Denmark ini menjadi sebuah utopia yang sesungguhnya bagi para pesepeda. Pasalnya, semua fasilitas untuk para pesepeda pun disediakan di Copenhagen. Fasilitas tersebut ialah 180 kilometer (km) jalur sepeda, rambu-rambu khusus lalu lintas pengendara sepeda, dan tempat parkir yang begitu nyaman bagi sepeda parkir ketika Anda berkunjung ke pusat kota.

 

Atensi Pesepeda di Portland

Bersihnya udara di Portland diperkirakan karena hampir seluruh warga menggunakan sepeda sebagai alat transportasinya. Oleh karena itu, Portland menjadi kota penerima rating teratas untuk kota-kota di Amerika Serikat, atas atensinya terhadap moda transportasi, dari League of American Bicyclists.

Portland menempatkan sepeda sebagai moda transportasi yang sejajar dengan mobil. Dengan panjang jalur bersepeda yang dimilikinya tidak kurang dari 270 km, ratusan rambu-rambu peseda, rak dan kunci yang dikhususkan bagi sepeda di sudut-sudut kota. Bahkan, Pemerintah setempat memberikan insentif khusus bagi pengembang yang bersedia menyediakan kamar mandi dan kamar ganti khusus bagi pesepeda.

 

Melesat dengan Sepeda di Munich

Di Munich, Jerman, para pesepeda lebih cepat sampai pada tujuan dalam radius tiga mil dari pusat kota dibandingkan pengguna transportasi lainnya. Pasalnya, Pemerintah setempat sangat mendukung masyarakat di wilayahnya untuk menggunakan sepeda.

Untuk mendukung hal tersebut, Pemerintah setempat menyediakan ratusan km jalur khusus untuk sepeda, rambu-rambu lalu lintas yang siap ‘menavigasi’ pesepeda. Selain itu, Pemerintah setempat juga melengkapi infrasuktur lalu lintas kota ini dengan tanda-tanda rute pesepeda. Hal inilah yang membuat Kota Munich mendapat predikat sebagai salah satu ‘Surga’nya pesepeda.

 

Perth Manjakan Para Pesepeda

Perth telah dikenal sebagai kota yang sangat memanjakan para pesepeda. Ibu kota Australia ini telah dikenal lama sebagai kota dengan infrastruktur ratusan mil jalur sepeda, dan jalan-jalan yang ramah bagi pesepeda.

Kota ini juga dianggap sebagai salah satu kota dengan penyedia infrastruktur bersepeda paling baik. Misalnya saja, jalur sepeda di Perth dikenal sebagai jalur sepeda paling luas dan maju di dunia. Fitur lainnya yang begitu memanjakan para pesepeda di antaranya penempatan parkir-parkir sepeda yang mendekati stasiun kereta api. Selain itu, loker sepeda terletak di pusat kota serta tersedia rambu-rambu untuk menjaga pengendara sepeda dari kehilangan rutenya.

 

Amsterdam, Kota Para Pesepeda

Selain Copenhagen, Amsterdam juga ternyata memiliki persentase pesepeda yang lebih tinggi, hingga 40%. Ada sekitar 600.000-750.000 pesepeda melintasi sepanjang kanal di Kota ini. Selain itu, pihak Pemerintah Kota setempat telah menerapkan kebijakan pembatasan kecepatan yang lebih rendah untuk mobil.

Secara infrastruktur, Pemerintah Amsterdam juga melakukan pembangunan jalur baru dan rambu-rambu khusus pesepeda, serta pembangunan parkir bawah tanah yang dibangun untuk sepeda dalam beberapa tahun terakhir ini.

 

Tokyo, Tanah Air Para Pesepeda

Kecanggihan kendaraan pabrikan Jepang memang tidak dapat dipungkiri lagi. Bahkan, kendaraan-kendaraan Jepang telah tersebar di seluruh dunia. Namun, dengan kemampuannya dalam mengembangkan kendaraan canggih, Jepang menjadi negara dengan penduduk yang mayoritas mengendarai sepeda, terutama di Tokyo.

Di Jepang, bersepeda dirasakan begitu nikmat. Kemanapun, warganya memilih untuk mengendarai sepeda. Bahkan, kini Jepang memiliki parkir sepeda yang canggih yang di sebut Eco-Cycle.

Selain kota-kota di atas, ada beberapa negara lagi yang memanjakan para pengendara sepeda. Semoga saja Jakarta menjadi kota selanjutnya yang dijuluki surganya para pesepeda.

 

Penulis : Novita Puspa,

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment