Reportase 

Tanam Mangrove Untuk Pelestarian Lingkungan

Dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan untuk keberlangsungan bisnis perusahaan dan kesejahteraan hidup masyarakat PT Pembangkitan Jawa-Bali Unit Pembangkitan Muara Karang (PT PJB UP Muara Karang) menanam tak kurang dari 5.000 bibit tanaman mangrove di kawasan Ecomarine, Muara Angke, Jakarta Utara (29/10). Kegiatan yang bekerja sama dengan Komunitas Mangrove Muara Angke (KOMMA) ini merupakan upaya  merevitalisasi ekosistem kawasan pesisir utara Jakarta. Tidak itu saja, hal ini juga komitmen untuk menerapkan PROPER dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang dapat menjadi pedoman agar seluruh proses bisnis perusahaan dapat mendukung upaya pelestarian lingkungan.

Penanaman dilakukan langsung oleh Direktur SDM dan Administrasi PT PJB Trilaksito Sunu, Senior Manajer bidang lingkungan dan K3 PT PJB Muhammad Munir, Senior Manajer bidang komunikasi dan CSR PT PJB Yama Bellatrixiana, General Manager PT PJB UP Muara Karang, Rahmat Azwin, serta puluhan siswa SDN 03 Pluit. Hadir dalam kesempatan tersebut beberapa elemen masyarakat, diantaranya Kepala BPLHD Provinsi DKI Jakarta, Kepala Kantor Pengelola Lingkungan Hidup Kota Jakarta, Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi DKI Jakarta dan puluhan siswa SDN 03 Pluit.

Direktur SDM dan Administrasi PT PJB Trilaksito Sunu mengatakan bahwa mangrove merupakan tanaman yang dapat mengurangi abrasi, menjaga lingkungan dan keragaman hayati. “Hari ini kita berkumpul untuk menjaga lingkungan agar sistem dari pembangkit kita tetap terjaga dan terutama lingkungan,” ujar Sunu. Dia menambahkan jika lingkungan ini harus tetap dijaga, sehingga kedepan pembangkit kita tetap berjalan dengan baik.

Program penanaman mangrove ini merupakan usaha optimalisasi program Corporate Social Responsibility (CSR) PT PJB UP Muara Karang di bidang lingkungan. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan sejak 2014 lalu, dimana sebelumnya PT PJB UP Muara Karang telah menanam dan merawat 2.000 bibit mangrove yang hingga saat ini tumbuh baik.

 

Penulis : Chairudi Bharata Dharma

Editor   : Muhammad Pamungkas

Dimuat : Majalah Fokus

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment