Tetap Aman Walau Hujan

Ayo amankan instalasi listrik di rumah agar terhindar dari bahaya.

Musim penghujan kerap mengakibatkan banjir di beberapa lokasi. Nah, hati-hati dengan bahaya air yang masuk ke lingkungan rumah agar tidak menyebabkan terjadinya kerusakan pada instalasi listrik. Rusaknya instalasi listrik menimbulkan resiko, mulai dari terjadi korsleting, tersetrum kabel yang mengelupas hingga kebakaran.

Terlebih jika terjadi banjir, air akan menggenangi isi rumah dan jika aliran listrik masih menyala maka air akan menghantarkan listrik yang bisa membahayakan keselamatan jiwa. Inilah mengapa PLN dan masyarakat harus tanggap ketika terjadi banjir.

Jika ada suatu daerah yang terkena banjir dan mengancam jaringan instalasi listrik, maka PLN akan mematikan aliran listrik di daerah tersebut. Walaupun, beberapa kawasan di samping daerah tersebut tidak ikut terkena banjir. Hal ini dilakukan demi keselamatan jiwa daerah yang terkena banjir dan daerah sekitar. Apabila ada aliran listrik yang masih menyala di lokasi banjir, maka pelanggan dapat langsung menyampaikan informasi tersebut melalui Contact Center PLN 123 agar aliran listrik segera diamankan. Selain itu, PLN juga akan memadamkan listrik apabila ada instalasi listrik lain yang terendam banjir seperti Gardu Induk (GI).

Lalu apa yang harus kita lakukan jika terjadi hujan dan banjir?

  1. Matikan instalasi listrik di rumah;
  2. Segera cabut peralatan listrik yang masih tersambung di stop kontak;
  3. Naikan peralatan elektronik ke tempat lebih tinggi agar tidak terendam banjir;
  4. Jika aliran listrik belum padam, segera hubungi Contact Center PLN di 123;
  5. Mengungsi ke daerah aman sedini mungkin;
  6. Jika banjir semakin tinggi, hubungi instansi terkait untuk pengamanan banjir;

Jika air sudah surut, pastikan semua instalasi yang terendam air dalam keadaan kering.

Sebagai informasi, instalasi listrik di dalam rumah adalah tanggung jawab pemilik rumah, sedangkan PLN hanya berwenang mengatur sampai ke kilo Watt hour (kWh) meter pelanggan.

Setelah semua sudah dipastikan kering dan aman, maka PLN akan menghidupkan kembali aliran listrik setelah penandatanganan berita acara oleh Ketua RT/RW atau tokoh setempat.

Nah, demikian tips bagaimana memastikan instalasi listrik ketika terjadi hujan dan banjir di daerah Anda. Semoga bermanfaat!

 

Penulis : Novita Puspa

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment