Tetap Sehat saat Musim Penghujan

Musim hujan tiba, udara semakin dingin, hujan tak tentu, banyak orang kehujanan dan sakit. Lalu bagaimana caranya agar tetap sehat dan tetap semangat beraktivitas? Mari simak artikel ini!

Sebagaimana kita ketahui banyak orang mudah sakit saat musim hujan. Bahkan, ruang tunggu dokter lebih penuh saat musim hujan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, musim hujan bisa menurunkan kondisi kesehatan seseorang. Namun, dengan adanya musim hujan ini jangan sampai aktivitas dan pekerjaan Anda terganggu. Inilah beberapa tips agar Anda tetap sehat di tengah musim hujan, mari simak!

 

Konsumsi air hangat

Saat udara terasa sangat dingin, air hangat tentunya sangat cocok dikonsumsi oleh tubuh. Sebab, air hangat akan memberikan kehangatan pada tubuh. Bahkan, air hangat bisa menjadi detox alami bagi tubuh, guna mengeluarkan racun yang ada dari dalam tubuh. Zat sisa dan racun banyak tersimpan di usus, sehingga nantinya akan dikeluarkan, baik melalui proses urinisasi, buang air besar, maupun melalui keringat. Jika tidak dikeluarkan, maka racun tersebut dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Penyakit terparah akibat dari toksin yang menumpuk di usus adalah kanker usus.

Jika masalah racun di dalam tubuh dialami pada musim hujan, maka tubuh semakin rentan dan mudah terserang berbagai penyakit. Sehingga saat musin hujan dan udara dingin jangan lupa untuk rajin minum air hangat.

 

Konsumsi vitamin

Penyakit influenza yang sering ditemui saat musim hujan dapat diatasi dengan kandungan vitamin C. Pasokan vitamin C yang mencukupi bagi tubuh dapat memperkuat tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Beberapa dokter menjelaskan, vitamin C diandalkan sebagai pencegahan tubuh terserang penyakit saat cuaca dingin.

Proses pergantian musim dari musim kemarau menuju musim hujan dapat mempengaruhi sistem imun atau kekebalan tubuh manusia menjadi lebih lemah. Ketika sistem imun menurun, penyakit akan lebih rentan menyerang tubuh. Konsumsi vitamin menjadi sangat penting guna menjaga kestabilan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi vitamin C menjadi sangat dianjurkan. Konsumsi vitamin C yang mencukupi kebutuhan tubuh berkhasiat untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C dapat diperoleh secara alami dari buah jeruk, buah strawberry, jambu biji, kelengkeng, buah kiwi, apel, tomat, pepaya dan wortel.

 

Hindari merokok

Banyak yang berpendapat bahwa merokok dapat membuat tubuh lebih hangat, karena kepulan asapnya membawa sejumlah kecil panas ke tubuh. Mungkin manfaat rokok hanya sebatas perasaan saja. Faktanya, asap rokok ternyata beresiko tinggi melemahkan sistem pernapasan seseorang, yang merupakan bagian tubuh paling sering terserang saat musim hujan, berupa penyakit, flu dan batuk. Penting menghindari merokok saat musim hujan, sehingga daya tahan tubuh dapat bekerja dengan maksimal saat menghadapi cuaca dingin.

 

Segera mandi ketika kehujanan

Sebuah studi menemukan hasil bahwa resiko sakit kepala bisa menjadi tinggi saat terjadi perubahan tekanan udara, peningkatan suhu, dan juga kelembapan yang tinggi. Pada sebagian orang, perubahan cuaca bisa memicu terjadinya ketidakseimbangan kandungan zat tertentu di dalam otak, termasuk serotonin, sehingga memicu terjadinya sakit kepala dan migrain.

Terlebih, ketika hujan atau cuaca dingin, virus akan menyebar lebih cepat sehingga membuat seseorang menjadi lebih mudah sakit. Air hujan membuat suhu tubuh lebih dingin terutama di daerah kepala, keadaan seperti ini membuat tubuh mengambil tindakan untuk mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin, hal inilah yang menimbulkan sakit kepala.

Mandi setelah kehujanan sering diremehkan oleh banyak orang, padahal penyakit dapat berkembang lebih cepat saat suhu tubuh mengalami perubahan drastis seperti itu. Dengan mandi, mampu menstabilkan suhu dingin yang dibawa oleh tetes hujan di luar rumah, yang setelah itu tubuh kembali melakukan perubahan secara bertahap ke suhu yang normal.

 

Pastikan untuk selalu ‘Higienis’

Saat musim penghujan tubuh lebih rentan terhadap gangguan. Tangan dapat menjadi media masuknya kuman dan bakteri ke dalam tubuh. Secara tidak sadar, orang lebih banyak memasukan kuman dan bakteri ke dalam tubuh melalui tangan. Sehingga, pastikan untuk selalu higienis, terutama membiasakan mencuci tangan, seperti Anda baru tiba di rumah maka segera cuci tangan.

 

Perhatikan gejala keringat keluar

Sebelum flu berkembang, biasanya tubuh akan merasakan sesuatu yang tidak enak, dan pikiran juga menjadi sulit difungsikan. Perhatikan dengan baik gejala-gejala yang tidak biasa muncul sehingga dapat diatasi, sebelum berkembang menjadi demam.

Gejala tersebut seperti ketika muncul keringat yang aneh, padahal Anda tidak melakukan olahraga sama sekali, maka keringat ini menjadi tanda bahwa tubuh sedang berjuang melawan penyakit. Saat kondisi seperti itu maka jaga tubuh baik-baik, hindari aktivitas yang terlalu berat, kalau bisa juga hindari keluar rumah, utamakan untuk istirahat di dalam rumah hingga tubuh pulih dan fit kembali, lalu perbanyak konsumsi minuman atau makanan hangat.

Hal yang paling penting adalah kita perlu sadari kondisi tubuh dengan perubahan cuaca menjadi lebih dingin saat musim penghujan. Untuk itu, ayo jaga kesehatan!

 

Penulis : Novita Puspa

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment