The British Open

The British Open atau lebih dikenal dengan The Open Championship merupakan salah satu seri golf dunia yang dinantikan pegolf top dunia. Kejuaraan golf ini merupakan seri ketiga dari empat seri yang dipertandingkan.

 British Open dimulai setelah seri The Master dan US Open berlangsung. Kejuaraan yangdiselenggarakan di dataran Inggris ini banyak diminati pegolf papan atas dunia karena selain merupakan seri PGA tour namun hadiah yang diperebutkan disediakan dalam jumlah besar. Pada tahun 2006 lalu kejuaraan ini menyediakan total hadiah empat juta dollar. Kejuaraan yang diadakan di negara asal penyanyi legendaris The Beatles ini setiap tahunnya di mainkan setiap jum’at ketiga pada bulan Juli.

Berbeda dengan The Masters Tournament yang selalu menggunakan lapangan golf yang sama yaitu di Augusta National Golf Club, The British Open menggunakan lapangan golf yang berbeda untuk penyelenggaraannya. Lapangan golf macam Royal Liverpool Golf Club, Royal St George’s Golf Club atau St Andrews Links pernah menjadi tempat penyelenggaraan turnamen golf ini. Kejuaraan yang digelar pertama kali tahun 1860 ini pernah dihentikan dalam kurun waktu 1915 – 1919 karena terjadinya perang dunia I dan kurun waktu 1940– 1945 karena pecah perang dunia II. Sebagai salah satu turnamen golf bergengsi dunia, The British Open telah banyak melahirkan banyak juara dari berbagai Negara.

Hingga tahun 2006 ini tercatat pegolf dari sepuluh negara telah menjuarai kejuaraan The British Open. Selain itu selama penyelenggaraan berlangsung terdapat dua puluh lima pegolf yang menjuarai lebih dari satu kali turnamen bergengsi ini. Diantaranya nama– nama beken seperti Gary player, Jack Nicklaus, Arnold Palmer, Tom Watson hingga juara tahun 2006 Tiger Woods asal Amerika Serikat. Tidak hanya itu para pegolf asal benua Afrika mampu menerobos dominasi pegolf – pegolf asal Eropa dan Amerika. Pegolf macam Gary Player, Nick Price atau Ernie Els mampu menjadi jawara di ajang The British Open ini. Sementara itu turnamen golf asal negeri Pangeran Charles ini juga mencatat banyak rekor hebat. Pegolf Inggris, Harry Vardon masih memegang rekor dengan enam kemenangan di ajang bergengsi ini. Untuk juara termuda dalam turnamen ini dipegang oleh Tom Morris Jr asal Skotlandia, sedangkan juara tertua masih dipegang pegolf asal Skotlandia Tom Morris Sr yang dibuat pada tahun 1867. Juara 2006 asal Amerika, Tiger Woods juga pernah mencatat rekor di kejuaraan ini. Pegolf nomor satu dunia ini berhasil membuat nilai terendah pada 72-hole, di sini selain menciptakan rekor juga menjadi jawara di The British Open 2000.

Untuk yang paling sering tampil di The British Open rekornya masih dipegang oleh para pegolf asal Skotlandia. Para pegolf asal benua Eropa pun mencatat prestasi mengesankan di turnamen ini, yaitu paling sering menjadi juara disini. Namun begitu dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir para pegolf terbaik Amerika berhasil mendominasi kejuaraan golf ini. Mereka berhasil juara delapan kali termasuk tiga kali kemenangan yang diraih oleh pegolf nomor satu dunia, Tiger Woods.

Pesona yang dihadirkan di kejuaraan The British Open atau The Open Championship ini selain hadiah yang disediakan dalam jumlah yang besar namun juga bertemunya para pegolf terbaik dunia. Enjoy the game.

 

Penulis : Chairudi Bharata Dharma

Editor   : Muhammad Pamungkas

Dimuat : Majalah PELANGI (PLN) – Mei 2007

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment