The Masters, Golf& Vijay Singh

Sebagai suatu olahraga, memainkan golf tidak hanya mengandalkan teknik bermain yang baik namun juga mengendalikan emosi serta konsentrasi, namun juga menghadirkan tantangan bagi diri sendiri. Selain itu dunia golf juga melahirkan sederet pemain – pemain kelas dunia dari berbagai Negara. Dengan menampilkan permainan yang atraktif, mereka berusaha untuk menjadi yang terbaik, salah satunya adalah Vijay Singh. Pemain yang cukup disegani di dunia golf ini lahir tanggal 22 February 1963 di Latuoka, Fiji. Vijay kecil tumbuh di daerah Nadi, kota terbesar ketiga di Fiji. Dia belajar olahraga golf oleh ayahnya yang bekerja sebagai teknisi pesawat terbang. Setiap pulang bekerja ayahnya mengajari Vijay berbagai macam teknik bermain golf. Vijay Singh mulai terjun ke dunia golf profesional pada usia 19 tahun, namun baru dua tahun kemudian dia berhasil memenangkan kejuaraan profesionalnya yang pertama, yaitu Malaysian PGA Championship.

Pria yang berdomisili di Florida Amerika Serikat ini juga merupakan satu – satunya anggota International Team yang selalu ambil bagian selama penyelenggaraan The President Cup. Tidak hanya itu, Vijay Singh juga pernah menyandang gelar no. 1 dunia selama 32 minggu, yaitu pada kurun waktu tahun 2004 dan 2005. Sebagai pemain golf professional ayah satu putra ini dikenal memiliki kemampuan komplet. Dia mampu melakukan pukulan jarak dekat serta jarak jauh sama baiknya. Semua itu menjadikannya salah satu pemain yang tangguh di lapangan golf. Dalam menekuni olahraga yang telah membesarkan namanya tersebut, pegolf berusia 44 tahun ini juga pernah mengalami masa sulit sehingga dia menjadi agak tertinggal dari lawan-lawanya.

Tapi dengan kemauan yang keras sedikit demi sedikit Vijay mulai dapat bersaing lagi dengan para kompetitornya. Dia juga menyadari olahraga golf di era yang serba moderen ini juga mengalami perkembangan yang sangat pesat, pukulan jarak jauh serta mengandalkan power merupakan tren para pegolf masa kini. Karena dengan makin berkembangnya teknologi terutama club dan bola, menjadikan para pegolf dapat melakukan pukulan yang lebih baik. Dalam dunia golf nama-nama macam Phil Mickelson, Erni Els ataupun hingga peringkat nomor satu dunia saat ini, Tiger Woods asal Amerika Serikat merupakan pemain terbaik dunia yang memiliki pukulan yang sempurna. Ini bisa dilihat dari hasil serta prestasi yang dicapai oleh para pegolf dunia tersebut.

Dalam berkiprah di dunia golf Vijay Singh telah memenangi banyak turnament kelas dunia yang diikutinya. Total dia telah memenangkan 57 gelar, termasuk memenangi beberapa turnamen major golf dunia yaitu juara Master (2000) serta dua kali juara PGA (1998, 2004). Karena menjadi juara di kejuaraan major merupakan impian bagi para pegolf dunia namun dengan semangat serta kerja keras Vijay Singh mampu mewujudkannya. Dalam tahun 2007, suami Ardena Seth ini berhasil menjadi kampiun di Mercedes-Benz Championship serta Arnold Palmer Invitational. Tidak itu saja dalam daftar PGA, Vijay tercatat sebagai pengumpul hadiah terbesar kedua setelah Tiger Woods, yaitu sebesar $53,209,805. Beberapa penghargaan juga pernah diraihnya selama berkarier di dunia golf, diantaranya Rookie of theYear (1993), PGA Tour Money Winner (2003, 2004) dan PGA Tour Player of the Year (2004).

Vijay Singh juga mendirikan suatu yayasan amal yang diberi nama The Vijay Singh Charitable Foundation, ini dibuat untuk membantu anak – anak dan wanita yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga. Kerja keras, mental bertanding yang baik serta didukung kemampuan bermain yang luar biasa merupakan modal Vijay Singh untuk bermain di dunia golf. Karena selama berkiprah di golf, Vijay Singh telah menjadi pemain golf yang tangguh serta cukup disegani. Enjoy the game.

 

Penulis : Chairudi Bharata Dharma

Editor   : Muhammad Pamungkas

Dimuat : Majalah PELANGI (PLN) – September 2007

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment