The Masters Tournament 2008, First Major to Mr. Immelman

Dewasa ini golf tidak hanya sebatas olahraga saja namun sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat kelas atas. Untuk masyarakat luar negeri yang sudah maju, olahraga golf sudah demikian memasyarakat. Berbagai tournament tingkat dunia digelar dibanyak belahan dunia. Diantaraya empat tournament major yang sangat bergengsi dalam olahraga golf, yaitu The Master Tournament, US Open, The Open serta PGA Championship. Tournament ini selain diikuti para pegolf rangking dunia, namun juga menyerdiakan hadiah dengan jumlah yang terbilang besar.

The Masters Tournament atau yang dikenal dengan sebutan The Masters, merupakan satu dari empat kejuaraan utama golf profesional yang pertandingannya digelar pertama setiap tahunnya. Putaran final kejuaraan ini setiap tahunnya selalu dijadwalkan minggu kedua pada bulan April. Tidak seperti tournament major lainnya, The Masters selalu menggunakan lapangan golf yang sama yaitu di Augusta National Golf Club yang berada di Negara bagian Georgia, Amerika Serikat.

Tournament yang digelar pertama kali tahun 1934 ini pernah  dihentikan dalam kurun waktu 1943 – 1945 karena terjadinya perang dunia ke II. Jika seorang pegolf berhasil menjuarai di tournament ini maka dia akan mendapatkan kemudahan dalam mengembangkan kariernya, diantaranya secara otomatis diundang untuk bermain di tiga kejuaraan utama selanjutnya (US Open, The Open dan PGA championship) serta mendapat undangan mengikuti turnamen Master seumur hidup. Untuk tahun 2008 total hadiah yang disediakan sebesar 7.5 juta dollar. Selain itu para juara di turnamen ini juga akan mendapat jaket hijau (green jacket). Jaket ini merupakan kebanggaan bagi yang pernah mengenakannya. Tradisi yang telah berlangsung sejak tahun 1949 ini merupakan impian banyak pegolf profesional karena hanya sedikit yang menjadi juara di turnamen bergengsi ini. Sebelum pertandingan dimulai, tee off biasanya dilakukan oleh pegolf legendaries.

Sebelum tahun 1983 ada peraturan khusus yang harus diikuti para pegolf. Semua pegolf diharuskan menggunakan caddy yang telah disiapkan oleh Augusta National Club. Tapi setelah itu para pegolf diperbolehkan membawa caddy mereka masing – masing. Para caddy diharuskan memakai seragam yang telah ditentukan, seperti jaket berwarna putih, topi berwarna hijau serta sepatu tennis putih. Inisial nama depan atau belakang dari tiap pemain dapat dilihat di belakang seragam para caddy.

Sebagai salah satu kejuaraan golf bergengsi dunia, The Masters Tournament telah banyak melahirkan banyak juara dari berbagai Negara. Hingga tahun 2006 ini sebanyak enam belas pegolf telah menjuarai kejuaraan The Masters lebih dari satu kali. Diantaranya nama – nama beken macam Gary player, Jack Nicklaus, Arnold Palmer, Tiger Woods hingga juara tahun 2006 Phil Michelson asal Amerika Serikat. Tidak hanya itu Gary Player mampu menjadi juara pada tahun 1961 dengan menerobos dominasi pegolf Amerika. Pegolf asal Afrika Selatan ini telah tiga kali menjuarai The Masters Tournament. Sementara itu pegolf Jack Nicklaus memegang rekor dengan memenangi enam kali turnamen bergensi ini. Sedangkan pegolf Amerika keturunanThailand Tiger Woods menjadi juara termuda dalam turnamen ini, yaitu ketika berumur 21 tahun serta memecahkan rekor skor yang telah bertahan selam 32 tahun. Jack Nicklaus selain mepunyai rekor enam kali juara juga memegang rekor dengan menjadi juara ketika berusia 46 tahun. Untuk yang paling sering tampil di Master Tournament rekornya masih dipegang oleh pegolf legendaris Arnold Palmer. Para pegolf asal benua Eropa pun tidak mau ketinggalan dalam The Master tournament. Tercatat sebelas kali para jawara golf asal Eropa juara di turnamen ini.

Di tahun 2008 ini terjadi kejutan di Augusta National Golf Club, yaitu tumbangnya pegolf asal Amerika, Tiger Woods. Pegolf nomor satu dunia ini harus puas menjadi runner up setelah dikalahkan pegolf asal Afika Selatan, Trevor Immelman. Bagi pegolf kelahiran Cape Town, Afrika Selatan ini merupakan gelar major-nya yang pertama. Immelman berhasil mengalahkan Woods dengan keunggulan tiga pukulan dan berhak atas hadiah sebesar 1.36 juta dollar. Dengan keberhasilan ini pegolf berusia 28 tahun tersebut berhasil mengumpulkan 10 trophy kemenangan selama berkarir di dunia golf profesional. Tidak itu saja, Trevor Immelman juga pernah menerima perghargaan European Tour Order of Merit pada tahun 2002/03 dan PGA Tour Rookie of The Year di tahun 2006. Bagi Immelman semua ini merupakan prestasi tersendiri sejak terjun ke dunia golf profesional pada tahun 1999. Enjoy the game.

 

Penulis : Chairudi Bharata Dharma

Editor   : Muhammad Pamungkas

Dimuat : Majalah PELANGI (PLN) – Oktober 2008

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment