The PGA Championship

The PGA Championship merupakan ajang bergengsi yang mempertemukan para pegolf tingkat dunia. Pesona yang dihadirkan oleh dihadirkan oleh turnamen ini selain banyak menghadirkan kejadian yang menarik. Juga hadiah dalam jumlah yang besar turut menjadi daya tarik.

The PGA Championship merupakan satu dari empat major championship dalam dunia profesional golf. Kejuaraan yang diselenggarakan di benua Amerika ini dinanti pegolf terbaik dunia, karena selain merupakan seri PGA tour namun hadiah yang diperebutkan disediakan dalam jumlah besar. Tahun lalu The PGA Championship menyediakan hadiah sebesar $6.8 juta serta sebuah Wanamaker Trophy. Hadiah pertama yang diterima juara tahun lalu, Tiger Woods, sebesar $1.2 juta. Bandingkan ketika pertama kali tournament ini digelar, pemenang waktu itu, JimBarnes, hanya menerima hadiah sebesar $500.

Kejuaraan yang diadakan di negara asal band Rolling Stones ini setiap tahunnya di mainkan setiap bulan Agustus dan merupakan pertandingan keempat dari empat major tournament golf dunia. Berbeda dengan The Masters Tournament yang selalu menggunakan lapangan golf yang sama yaitu di Augusta National Golf Club, The PGA Championship menggunakan lapangan golf yang berbeda untuk penyelenggaraannya. Kejuaraan yang pertama kali digelar di Siwanoy Country Club, Bronxville, New York tahun 1916 ini pernah dua kali dihentikan penyelenggaraannya. Yang pertama dalam kurun waktu 1917 – 1918 karena terjadinya perang dunia ke I, sedangkan yang kedua terjadi pada tahun 1943 karena pecah perang dunia kedua.

Meski sebagai salah satu tournament golf bergengsi dunia, pegolf yang berhasil menjuarai di kejuaraan ini sebagian besar berasal dari Amerika Serikat. Sedangkan para pegolf asal benua biru Eropa belum berhasil menjadi juara di kejuaraan ini. Selama penyelenggaraan The PGA Championship ini telah banyak melahirkan rekor pegolf yang menjuarai tournament ini lebih dari satu kali. Hingga tahun 2006 kemarin tercatat sebanyak delapan belas pegolf yang mampu melakukannya. Diantaranya pegolf beken macam Jack Niklaus, Gary Player, Vijay Singh, Phil Michelson hingga juara tahun 2006 yang juga pegolf nomor satu dunia, Tiger Woods. Di tournament ini dia juga mencatatkan diri dengan membuat rekor 18 under par 270. Tidak itu saja dengan meraih juara di PGA Championship ini menjadikan Tiger Woods berhasil mengumpulkan 12 gelar tournament major. Dan semua ini membuka kesempatan Tiger untuk melampaui mengoleksi rekor 18 gelar juara tournament major yang dipegang oleh pegolf legendaris asal Amerika, Jack Nicklaus.

Sementara itu pegolf Gary Player mampu menjadi juara dengan menerobos dominasi pegolf Amerika. Pegolf asal Afrika Selatan ini telah dua kali menjuarai The PGA Tournament yaitu pada tahun 1962 dan 1972. Sementara itu pegolf Jack Nicklaus dan Walter Hagen memegang rekor dengan memenangi lima kali turnamen bergengsi ini. Sedangkan pegolf Amerika Gene Sarazen menjadi juara termuda dalam turnamen ini, yaitu ketika berumur 20 tahun dan rekor tersebut masih bertahan hingga sekarang. Untuk pemain tertua yang menjuarai tournament ini tercatat atas nama pegolf Julius Boros, dia melakukannya ketika berusia 48 tahun. Para pegolf Negara lain pun tidak ketinggalan dalam berprestasi dalam The PGA Championship. Namun sejauh ini hanya pegolf dari empat Negara yang berhasil menjadi jawara di tournament ini, antara lain Gary Player, Nick Price serta Vijay Singh.

Untuk tournament yang akan datang, The PGA Championship 2007 akan diselenggarakan di Southern Hills Country Club, Tulsa, Oklahoma. Disini para pegolf tuan rumah akan berusaha mempertahankan supremasi di tournament bergengsi ini. The PGA Championship merupakan ajang bergengsi yang mempertemukan para pegolf tingkat dunia. Pesona yang dihadirkan oleh turnamen ini selain banyak menghadirkan kejadian yang menarik, juga hadiah dalam jumlah yang besar turut menjadi daya tarik.

Enjoy the game.

 

Penulis : Chairudi Bharata Dharma

Editor   : Muhammad Pamungkas

Dimuat : Majalah PELANGI (PLN) – Juli 2007

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment