Tips 

Tip dan Trik mengembangkan Kualitas Diri

Kualitas diri merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam berkarier. Apapun profesi dan pekerjaan yang sedang Anda geluti, untuk mencapai kesuksesan karier diperlukan peningkatan kualitas atau skill profesional diri.

Dalam implementasnya, sukses berkarier berarti jangan pernah membiarkan diri stagnan. Motivasi dan keyakinan untuk maju harus selalu ditanamkan dalam diri. Meski telah memiliki motivasi, skill dan kualitas diri yang memadai harus selalu diatur dan ditingkatkan secara efektif. Upgrade skill akan membuka kesempatan lebih besar untuk meraih posisi puncak. Berikut sederet tip untuk mengembangkan kualitas diri Anda.

 

Bercermin Diri dan Terus Belajar

Peningkatan kualitas diri, ada baiknya dimulai dengan bercermin diri. Pasalnya, sebelum melangkah lebih jauh, penilaian kinerja diri dapat menjadi dasar pijakan untuk meng-upgrade skill yang dimiliki. Penilaian harus dilakukan secara objektif dan realistis. Tuliskan penilaian tersebut dalam secarik kertas.

Selanjutnya, uraikan poin-poin tugas yang dihadapi di kantor. Setelah itu, tanyakan sejauh mana kemampuan Anda memberikan solusi atas poin-poin tersebut. Sesuai solusi yang telah dituliskan, pahamilah bahwa karier profesional merupakan sebuah proses yang harus diikuti secara terus-menerus. Oleh karenanya, manfaatkan kesempatan tersebut untuk menguasai kemampuan profesional. Selesaikan semua tugas dengan sebaik-baiknya sesuai aturan yang diberlakukan.

Sembari menjalani proses, cari kelebihan dan kelemahan proses yang Anda jalani. Dengan demikian, Anda dapat menjalankan semua tugas dengan baik, baik saat ini maupun di masa mendatang.

 

Bertanggung jawab dan Menjaga Kinerja

Tak sekedar mengetahui kemampuan diri,  Anda juga harus bertanggung jawab menjaga standar kinerja. Meskipun berada dalam naungan sebuah perusahaan, karier Anda ditentukan oleh diri sendiri. Dengan demikian, tanggung jawab dan kepastian karier menjadi tanggung jawab Anda. Semua peluang untuk meningkatkan skill profesional juga menjadi tanggung jawab Anda.

Selain bertanggung jawab, menjaga kinerja juga harus terus dilakukan. Menjaga kinerja perlu memiliki trik tersendiri, yaitu  menerapkan standar pribadi dalam mengerjakan tugas profesional. Dengan standar tersebut kualitas kinerja dapat terukur. Di sisi lain, hasil kinerja ini akan menjadi dasar penilaian kenaikan kualitas  diri sehingga Anda yakin terhadap kemampuan diri yang selalu dapat terukur dan dapat terus ditingkatkan.

Keharusan pengasahan skill harus merujuk pada perkembangan kebutuhan global. Mengasah diri juga perlu dibarengi dengan wawasan luas terhadap pengetahuan teknologi dan isu global. Dengan demikian, Anda akan terus mampu mengembangkan kualitas diri. Semoga bermanfaat dan terus semangat.

 

Penulis : Candra Fivetya

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment