Tips Atur Waktu: Time Management Hacking

Waktu adalah hal yang berharga, maka kita perlu mengaturnya dengan sebenar-benarnya.

Di era modern ini, banyak orang yang kurang mampu mengatur waktunya, seperti bekerja hingga larut malam yang akhirnya membuat kebutuhan lainnya terbengkalai dan membuat kita kesulitan sendiri. Satu hal yang perlu dipahami bahwa memiliki waktu banyak bukan berarti kita akan lebih produktif. Justru bisa jadi sebaliknya karena kita berpikir masih memiliki banyak waktu yang akhirnya menjadi lebih santai dan menghabiskan waktu sia-sia. Jika kita merasa masih belum menemukan cara terbaik untuk mengatur waktu, berikut ada beberapa trik ekstrem untuk manajemen waktu secara efisien, atau lebih dikenal dengan istilah Time Management Hacking.

 

Rencanakan waktu bekerja sungguh-sungguh

Untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal, prioritaskan empat hingga lima jam khusus untuk pekerjaan tersebut. Selama itu, jangan berpikir yang lain, cukup fokus saja pada pekerjaan. Ingatlah jarum jam terus berputar, dan jika waktu telah cukup, gunakanlah sebaik-baiknya untuk mengembalikan mood dan beristirahat yang cukup.

 

Dahulukan Pekerjaan Urgent

Terkadang tubuh kita memang mampu bekerja hingga larut malam secara terus menerus, namun kadang kala kita juga tidak mampu untuk melakukan apapun. Hal tersebut merupakan hal yang normal. Tetapi, hal tersebut tidak bisa kita lakukan, karena akan merusak keseimbangan kehidupan sehari-hari kita. Maka dari itu, pilihlah pekerjaan yang paling urgent untuk dikerjakan terlebih dahulu. Namun jika pekerjaan urgent tersebut melebihi batasnya, siapkanlah stamina agar tubuh kita siap untuk bekerja lebih.

 

Stop Multi-tasking

Tidak ada ungkapan “Sambil Menyelam, Minum Air” jika kita ingin mendapatkan pekerjaan yang maksimal. Untuk itu, berhentilah untuk mengerjakan berbagai tugas dalam waktu yang bersamaan. Pengerjaan banyak tugas bukan berarti kita akan menyelesaikan banyak tugas lebih cepat, justru kita bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut karena membuat kita tidak fokus. Cobalah untuk fokus menyelesaikan satu hal saja secepat mungkin, dan sisanya akan mengikuti lebih cepat.

 

Buat batas waktu

Jika kita sering mendengar “Sistem Kebut Semalam/SKS” adalah benar adanya. Hal ini dikarenakan pekerjaan yang tidak memiliki batas waktu biasanya tidak akan langsung dikerjakan. Semua orang memiliki kecenderungan untuk mengerjakan sesuatu di waktu yang terbatas dan baru akan mengeluarkan kemampuan optimalnya terutama ketika sudah mendekati batas waktu akhir. Maka dari itu, buatlah batasan waktu untuk pekerjaan yang masih memiliki waktu panjang. Batasan waktu tersebut harus disesuaikan pula dengan pekerjaan lainnya yang lebih urgent.

 

Mulai dari hal ringan

Jangan remehkan hal-hal ringan. Mulailah mengerjakan dari hal yang paling sederhana maka nanti kita akan melanjutkan hal-hal yang lebih berat dengan sendirinya. Dengan ini pastinya kita telah membuat waktu yang dihabiskan tidak terbuang sia-sia, karena telah digunakan untuk mengurangi beban secara perlahan namun pasti. Ibarat mengumpulkan uang seribu rupiah yang terkumpul dari 10 koin seratus rupiah, tanpa 1 koin saja hasilnya bukan seribu lagi.

 

Catat Semua Rencana

Kebanyakan orang akan terlupa ketika akan mengerjakan sesuatu. Hal ini dikarenakan kita tidak mencatat apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang sudah terlaksana. Akan membutuhkan waktu lagi jika harus mencari dan menemukan apa saja yang harus dilakukan oleh kita. Untuk itu, tulislah di kertas, atau gunakan aplikasi bantuan di Smartphone atau komputer supaya kita bisa mengingat rincinya ketika kita lupa. Ini akan menghemat waktu yang kita miliki sehingga tidak habis hanya untuk mengingat hal-hal tersebut.

Bagi kita yang memiliki banyak pekerjaan, tidak ada salahnya untuk mencoba mengatur waktu dari tips Time Management Hacking di atas. Jika kita memiliki manajemen waktu yang tepat, maka akan membuat kita menjadi lebih produktif pula.

 

Penulis : Novita Puspa

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment