Tips 

Tips Backpacker dengan Kereta Api

Berkeliling dan berpetualang dengan biaya yang murah, sekarang sudah menjadi hal yang biasa bagi kita, ya seperti kita ketahui backpacker. Backpacker sudah menjadi trend dikalangan kita akhir-akhir ini. Melakukan perjalanan jauh dan sendirian seperti melakukan sayembara pada zaman dahulu bukanlah sesuatu yang sulit dan menjadi alasan bagi kita lagi sekarang. Dengan adanya fasilitas transportasi dengan berbagai macam moda yang tersedia, kita lebih mudah dan praktis untuk memilih rute perjalanan kita. Salah satunya dengan kereta api. Apalagi fasilitas yang terus ditingkatkan PT. Kereta Api Indonesia membuat kita lebih nyaman menggunakan kereta untuk Backpacker.

Berikut beberapa tips mudah Backpacker dengan kereta api :

  1. Atur jadwal keberangkatan

Dari jauh hari siapkan jadwal yang tepat untuk berangkat backpacker. Agar mudah untuk melakukan pemesan tiket keretanya. Untuk tiket kereta api kelas ekonomi jarak jauh, ekonomi AC, dan eksekutif dapat dipesan H-90 sebelum keberangkatan. Usahakan jangan membeli tiket terlalu dekat dengan waktu keberangkatan agar tidak terburu-buru dan mencegah kehabisan tiket.

Kita dapat membeli tiket di mini-market bertanda khusus terdekat. Atau melakukan pemesanan tiket secara online melalui website PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan membayarnya melaui ATM.

  1. Pilih Kereta sesuai Budgeting

Setelah mempertimbangkan rute perjalanan dan budgeting yang kita miliki, barulah kita melakukan pemesanan tiket kereta yang sesuai dengan budget kita. Jangan khawatir untuk memilih kereta kelas ekonomi, karena sekarang PT Kereta Api Indonesia (Persero) sudah melakukan perbaikan yang signifikan. Bukan hanya kelas ekonomi AC dan kelas eksekutif aja yang di lengkapi AC (Air Conditioning), tapi kelas ekonomi pun dilengkapi AC. Jadi kita tetap nyaman selama perjalanan.

  1. Hindari hari libur

Hari libur biasanya banyak orang menerencanakan perjalanan. Dalam waktu yang sama dapat dipastikan ada banyak orang yang memiliki tujuan yang sama untuk melakukan perjalanan liburan, sehingga kita akan sulit mendapatkan tiket dan arus penumpang agak ramai. Biasanya juga pada saat hari libur atau musim liburan harga tiket agak mahal. Oleh sebab itu, sebaiknya kita merencanankan perjalanan Backpacker diluar hari libur.

  1. Print tiket sebelum hari keberangkatan

Sebaiknya Print-lah tiket sebelum hari keberangkatan untuk menghindari masalah-masalah tak terduga sebelum keberangkatan. Dengan fasilitas yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) sekarang untuk membantu penumpang salah satunya mesin pencetak tiket mandiri yang tersedia di stasiun pemberangkatan. Pastikan anda membawa bukti pemesanan tiket dan ikuti petunjuk yang ada.

  1. Pastikan tiket sesuai dengan identitas.

Agar tidak menjadi suatu kendala saat anda sebelum naik kereta, pastikan pada saat anda memesan tiket sesuai dengan identitas anda. Karena petugas akan memeriksa tiket dengan sangat ketat untuk mengindari penumpang gelap. Jangan sampai anda gagal melakukan backpacker ketika di satu langkah terakhir keberangkatan.

  1. Persiapkan semua dengan matang

Untuk barang bawaan, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan seperlunya untuk selama perjalanan yang sudah di rencanakan. Usahakan packing H-1 untuk menghindari barang-barang kebutuhan tidak terbawa. Jadwalkan secara matang mulai dari waktu per agenda backpacker. Sebaiknya kita tiba di stasiun 1 jam sebelum keberengkatan untuk menghindari hal-hal diluar rencana.

  1. Bawa bekal secukupnya

Siapkan bekal secukupnya untuk selama perjalanan di kereta, mulai dari makanan, obat-obatan dan perangkat gadget. Untuk lebih menghemat, bekal air putih dan makanan untuk selama perjalanan sebaiknya kita bawa dari rumah walaupun disediakan  gerbong untuk pemesananan makanan. Begitu juga untuk obat-obatan, apalagi anda yang memiliki obat khusus jangan sampai tertinggal. Untuk gadget, sekarang PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan fasilitas stopcontact di setiap deretan tempat duduk.

  1. Jagalah barang bawaan

Tidak ada salahnya kita tetap waspada terhadap barang-barang bawaan kita, meskipun keamanan kereta jauh lebih baik. Taruh barang bawaan di rak yang berada di atas tempat duduk atau dibawah kursi tempat duduk untuk barang bawaan yang berat. Kemudian peganglah tas yang berisi barang-barang berharga kita agar tidak lepas dari pengawasan kita. Sebelum turun periksalah kembali barang bawaan anda.

 

Penulis : Candra Fivetya

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment