Tips 

Tips Cegah dan Hindari Cybercrime

Dewasa ini, teknologi berkembang begitu pesatnya. Hampir semua lapisan masyarakat mengenal teknologi dan jaringan internet. Terlebih, setiap masyarakat memiliki telepon selular  yang dapat mempermudah semua orang untuk mengakses kehidupan di dunia maya.

Oleh karenanya, tak heran jika banyak juga orang-orang tak bertanggung jawab melakukan kejahatan di dunia maya (cybercrime). Cybercrime merupakan aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan. Misalnya, penipuan lelang secara online, pemalsuan cek,  penipuan identitas, pornografi anak, verbal abuse, dan sebagainya.

Untuk menghindari dan mencegah cybercrime sebaiknya kita lebih bijak dalam menggunakan teknologi dan jaringan internet. Berikut terdapat beberapa tips untuk mencegah dan menghidari cybercrime.

 

Pasang Protektor Komputer

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mencegah cybercrime adalah memasang protektor komputer. Untuk mejaga keamanan tersebut, terdapat tiga program yang sebaiknya Anda pasang dalam komputer, yaitu antivirus, antispyware, dan firewall.

Secara fungsi, pertama, Antivirus berfungsi untuk menjaga perangkat komputer Anda dari virus yang sangat beragam. Kedua, Antispyware berfungsi untuk melindungi data pemakai internet agar tidak ada orang yang dapat merusak atau melacak kebiasaan Anda saat online. Sebagaimana diketahui, Spyware merupakan program yang diam-diam telah masuk ke dalam komputer dan mengambil data.

Ketiga, firewall berfungsi untuk penindai keamanan jaringan. Firewall merupakan sebuah sistem atau perangkat yang mengijinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Tak perlu khawatir, saat ini telah banyak tersedia ketiga aplikasi dalam satu paket.

 

Perbarui Security Software

Selain memasang protektor komputer, Anda sangat disarankan untuk memperbaharui security software komputer secara berkala minimal dua atau tiga kali seminggu. Pasalnya, pembaharuan tersebut berguna untuk memberikan peringatan ancaman cybercrime.

 

Gunakan Password Sulit dan Rubah Secara Berkala

Sangat disarankan Anda menggunakan pasword yang beragam dan sulit ditebak. Biasanya, password dengan campuran huruf kecil, kapital, dan angka memiliki tingkat keamanan yang cukup kuat untuk mencegah cybercrime.

 

Jangan Sembarang Klik Link

Apapun jenis sosial medianya, sangat tidak disarankan Anda mengklik sembarang link yang muncul di laman. Baik berupa iklan, atau tawaran lainnya. hal tersebut salah satu cara penyebaran virus komputer dan berpotensi terjadinya cybercrime.

 

Pastikan Anda Log Out Dari Akun

Setelah selesai menggunakan akun media sosial di komputer umum, pastikan Anda selalu melakukan log out accout.  Hal tersebut dapat mencegah adanya pengguna komputer lain membajak akun Anda. Namun, jika Anda menggunakan komputer pribadi sendiri, hal tersebut tidak perlu dilakukan. Demikian beberapa tips untuk mencegah dan menghidari cybercrime. Semoga bermanfaat dan gunakanlah teknologi secara bijak.

 

Penulis : Candra Fivetya

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment