Tips 

Tips Hindari Modus Kriminal Penitipan Barang Di Bandara

Dewasa ini, berbagai modus kriminal marak terjadi dimana pun. Bahkan di tempat yang dianggap aman pun tak menutup kemungkinan seseorang terkena penipuan maupun kriminal lainnya. Salah satu contohnya adalah modus penitipan barang di bandara oleh orang tak dikenal.

Di bandara memang kerap kali terjadi modus kriminal seperti itu, terlebih jika tujuan internasional. Penitipan barang dari orang tak dikenal ini biasanya berupa barang-barang terlarang seperti narkoba dan barang ilegal lainnya berkedok minta tolong sambil memelas. Bahkan, Badan Narkotika Nasional (BNN), telah beberapa kali berhasil mengungkap modus peredaran narkoba dengan modus tersebut.

Oleh karenanya, bagi Anda yang ingin berpergian menggunakan pesawat, terlebih tujuan internasional wajib waspada dan mengetahui tips menghindari modus penitipan barang tersebut. Berikut beberapa tips mudah agar terhindar dari modus kriminal tersebut di bandara.

 

Jangan Terlalu Ramah Terhadap Orang Asing

Modus kriminal penitipan barang ini biasanya imenargetkan orang-orang yang ramah terhadap orang asing. Untuk itu, ada baiknya Anda tidak bersikap terlalu ramah kepada orang asing saat di bandara agar pelaku pun merasa segan untuk meminta tolong menitipkan barang.

 

Awasi Barang Bawaan

Hal yang tak kalah penting selain itu adalah mengawasi barang-barang bawaan. Perhatikan benar-benar barang bawaan Anda. Pastikan tidak ada barang orang lain yang sengaja maupun tidak sengaja digabungkan ke barang bawaan Anda. hal tersebut guna menghindari barang berbahaya atau terlarang masuk kedalam barang bawaan  Anda yang sengaja dilakukan orang tak bertanggung jawab.

Jika barang bawaan Anda tercampur dengan barang lain, maka dalam bagasi barang tersebut merupakan atas nama Anda. sehingga jika barang tersebut ilegal maka Andalah yang bertanggung jawab.

 

Tolak Jika Dititipkan Barang

Saat di bandara, jika Anda bertemu dengan seseorang yang meminta tolong untuk menitipkan barangnya. Maka sebaiknya Anda menolaknya. Meski yang menitipkan ibu-ibu dengan memelas sekalipun. Jika dalam perjalanan, terlebih tujuan ke luar negeri, waspadailah hal seperti ini.

Pasalnya, modus penitipan barang tersebut berkaitan erat dengan keselamatan dan keamanan diri Anda. Bukan pula masalah kemanusian atau sosial, seperti tega atau tidak tega, tolong menolong, atau kepercayaan, melainkan hal ini merupakan urusan serius.

 

Laporkan Ke Petugas Jika Ada Yang Mencurigakan

Terakhir, jika di bandara Anda mengalami pemaksaan atau hal-hal yang mencurigakan terkait penitipan barang yang terjadi di sekitar Anda, sebaiknya segera laporkan kepada petugas bandara. Hal tersebut agar dapat segera ditindaklanjuti demi keselamatan dan keamanan bersama. Semoga tips ini bermanfaat.

 

Penulis : Candra Fivetya

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment