Tips 

Tips Pelaporan Membawa Uang Tunai Ke Luar Negeri

Berpergian ke luar negeri, baik dalam  rangka wisata, studi ataupun bekerja  tentu membutuhkan uang yang tidak sedikit untuk kebutuhan selama perjalanan maupun selama di luar negeri.  Oleh karenanya, ketentuan dalam membawa uang ke luar negeri perlu Anda ketahui. Berikut beberapa tips pelaporan membawa uang tunai saat berpergian ke luar negeri.

 

Batas Uang Bawaan

Saat pergi ke luar negeri, membawa uang dalam bentuk mata uang apapun di perbolehkan dengan jumlah berapa pun. Tetapi, yang perlu diketahui ialah ketentuan batasan total uang tunai termasuk cek. Dalam peraturan, Anda wajib melaporkan uang tunai yang dibawa jika mencapai 10.000 dolar Amerika kepada petugas Bea Cukai yang bertugas di pelabuhan atau bandara. Jika kurang dari jumlah tersebut, pelaporan tersebut tidak perlu dilakukan.

Adapun mekanisme pelaporan tersebut dilakukan saat berangka ke luar negeri dan saat kembali  ke Indonesia.

 

Lapor Ke Kantor Bea Cukai

Waktu pelaporan dilakukan setelah melakukan check in barang di counter airline yang digunakan. Saat di kantor atau pos Bea Cukai yang ada di bandara/pelabuhan, Anda akan mengisi formulir sebagai bentuk pelaporan atas uang tunai yang dibawa tersebut.

Perlu diingat, dalam pelaporan yang dilakukan tersebut sama sekali tidak dipungut biaya. Bahkan, proses pelaporan tidak sampai menghabiskan waktu hingga berjam-jam. Oleh karenanya, tidak ada alasan bagi pelanggar untu tidak melakukan pelaporan uang tunai ini agar memperlancar perjalanan Anda.

 

Pelaporan Saat Tiba di Luar Negeri

Saat tiba di negara tujuan, Anda perlu melakukan pelaporan ulang sama seperti pelaporan sebelumnya di negara asal. Perbedaannya, selain mengisi formulir yang tersedia, barang-barang bawaan pun akan diperiksa oleh petugas. Namun, tak perlu khawatir, jika tidak ada barang yang mencurigakan, pemeriksaan akan berlangsung singkat. Hal penting saat mengisi formulir pastikan data sesuai dengan kartu identitas dan tidak ada yang terlewat. Pasalnya, jika salah Anda akan dicurigai oleh petugas dan membutuhkan waktu lebih lama lagi.

 

Pelaporan Saat Tiba dari Luar Negeri

Jika dari luar negeri Anda membawa uang di atas 10.000 dolar Amerika maka pelaporan yang berlaku sama seperti saat berangkat ke luar negeri pun berlaku memastikan legalitas uang Anda memasuki wilayah RI. Ketentuan pelaporan uang tunai saat berangkat ke/tiba dari luar negeri menggunakan formulir Bea Cukai yang disebut BC 2.2.

 

Penulis : Candra Fivetya

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment