Hijau 

Toroidion Supercar, Si Cantik Rendah Emisi

Akhir-akhir ini persaingan antara mobil-mobil listrik, ramah lingkungan dan rendah emisi semakin memanas terlebih ketika perusahaan mobil Renault mengusung mobil listrik dengan harga jual yang terjangkau dan mengeluarkan emisi rendah.

Mobil Listrik, Kendaraan Solusi

Jadi apa sih mobil listrik itu? Mobil listrik merupakan mobil yang digerakkan dengan motor listrik. Mobil ini menggunakan energi listrik untuk bergerak yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Mobil dengan tenaga listrik ini awalnya sangat populer pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, tapi kemudian popularitasnya meredup karena teknologi mesin pembakaran dalam yang semakin maju dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah.

Krisis energi pada 1970-an dan 1980-an pernah membangkitkan sedikit minat pada mobil-mobil listrik, tapi baru pada tahun 2000-an lah para produsen kendaraan baru menaruh perhatian yang serius pada kendaraan listrik. Hal ini disebabkan karena harga minyak yang melambung tinggi pada 2000-an serta banyak masyarakat dunia yang sudah sadar akan buruknya dampak emisi kendaraan.

Prototype yang diciptakan untuk mobil listrik rendah emisi juga sudah sangat canggih dan cantik kini tidak kalah dengan mobil beremisi lainnya. Walaupun harganya yang tidak murah namun mobil listrik menjadi salah satu upaya pemecahan masalah atas trasnportasi hijau. Mobil listrik yang nol-emisi dan canggih serta cantik contohnya adalah Toroidion Supercar.

Toroidion Sang Supercar

Toroidion merupakan contoh dari supercar mobil listrik pertama di dunia. Supercar ini didirikan oleh Pasi Pennanen. Ia adalah seorang warganegara Finlandia dan seorang desainer industri. Pennanen juga merupakan seorang yang lebih dari dua dekade berpengalaman dalam membangun konsep dan model produksi di Honda, Jaguar, Italia Zagato dan banyak lagi.

Untuk sementara, saat ini Toroidion tidak ditakdirkan untuk diproduksi banyak. Hal ini diperuntukkan hanya sebagai bukti dari konsep powertrain elektrik yang dikembangkan oleh perusahaan Toroidion. Perusahaan yang didirikan pada 2011 di kota Finlandia Raasepori, memiliki tujuan perusahaan untuk mengembangkan powertrain elektrik yang akan bersaing dalam ketahanan balap, yaitu “24 Hours of Le Mans”.

Wow, Hebatnya Toroidion

Toroidion Supercar memang membuat semua orang berdecak kagum. Selain ramah dengan lingkungan, tampilan supercar ini juga amat menawan. Desain mobil berkelir biru ini juga terbilang cukup klasik. Lekukan bodi mobil didesain langsung oleh Pennanen yang sebelumnya pernah bekerja di Jaguar dan Honda.

Tenaganya yang mencapai 1.341 tenaga kuda setara dengan 1.000 kW atau 1 Megawatt. Walaupun, Toroidon tidak membeberkan detail 1MW lebih mendalam. Namun mereka menjamin mobil besutannya bisa dipakai melintas di jalan raya.

Ditambah lagi, untuk baterai motor listrik mobil, itu berbobot ringan. Tak hanya itu. Cara pengisiulangannya pun cukup mudah, karena bisa di garasi rumah. Meski bertenaga dahsyat, namun mobil super buatannya itu bisa digeber di jalanan umum. Hanya, dia belum bersedia membeberkan spesifikasi teknis serta fitur yang bakal diusung mobil tersebut.

Mobil ini baru saja dipamerkan pada ajang Top Marques Show 2015 di Monaco. Pada ajang Top Marques Show itulah Toroidon memperlihatkan angka statistik performa dapur pacunya. Mobil listrik ini mengusung motor listrik berdaya 200 watt di setiap rodanya. Pada bagian roda depan, masing-masing menyemburkan 268 dk, sedang di setiap roda belakang menghasilkan 402 dk.

Wah, jadi sudah tidak sabar untuk menikmati si cantik, canggih dan ramah lingkungan ini.

Penulis : Novita Puspa

Editor   : Muhammad Pamungkas

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment