U.S. WOMEN’S OPEN, Turnamen Para Jawara Golf Dunia

Bagi para pegolf profesional, US Women’s Open merupakan salah satu turnamen golf yang paling ditunggu. Turnamen ini merupakan satu dari empat kejuaraan major golf profesional yang digelar oleh LPGA (Ladies Professional Golf Association) selain Kraft Nabisco Championship, McDonald’s LPGA Championship serta Ricoh Women’s British Open.

Berbeda dengan major tournament Kraft Nabisco Championship yang selalu menggunakan lapangan golf yang sama yaitu di Mission Hills Country Club, US Women’s Open menggunakan lapangan golf yang berbeda untuk penyelenggaraannya. Lapangan golf macam Newport Country Club, Cherry Hills Country Club atau The Orchards Golf Club pernah menjadi tempat penyelenggaraan turnamen golf ini. Untuk penyelenggaraan tahun 2007, US Women’s Open yang diselenggarakan di Pine Needles Lodges and Golf Club ini telah memasuki penyelenggaraan yang ke – 61 kali. Golf course yang berada di Southern Pines, Negara bagian North Carolina ini tercatat telah tiga kali digunakan di turnamen akbar tersebut. Sementara itu Spokane Country Club yang terletak di Spokane, New Jersey, merupakan lapangan golf yang pertama digunakan untuk penyelenggaraan US Women’s Open.

Kejuaraan yang digelar setiap tahun di Negara asal Pegolf nomor satu dunia, Tiger Woods ini biasa dimainkan pada akhir bulan Juni hingga awal Juli. Sebagai tournament tempat berlaga para jawara golf dunia, US Women’s Open telah banyak melahirkan banyak juara. Hingga tahun 2007 ini sebanyak enam pegolf telah menjuarai kejuaraan US Women’s Open lebih dari dua kali. Diantaranya terdapat nama – nama pegolf papan atas macam Mickey Wright, Babe Zaharias, Betsy Rawls, Hollis Syacy, Susie Berning hingga mantan pegolf nomor satu dunia Annika Sorenstam asal Swedia. Meski juara di turnamen ini didominasi oleh para pegolf tuan rumah, namun jawara golf yang berasal dari luar Amerika berhasil menerobos dominasi pegolf asal Amerika Serikat. Pegolf macam Fay Croker (Uruguay-1955), Catherine Lacoste (Perancis-1967), Jan Stephenson (Australia-1983), Laura Davies (Inggris-1987), Liselotte Neuman (Swedia-1988), Annika Sorenstam (Swedia-1995, 96, 2006), Allison Nicholas (Inggris-1997), Se Ri Pak (Korea-1998), Karrie Webb (Australia-2000, 01) dan Birdie Kim (Korea-2005) mampu menjadi jawara di ajang US Women’s Open ini. Untuk yang paling sering juara di US Women’s Open, rekornya masih dipegang oleh para pegolf asal Amerika. Para pegolf asal negeri Paman Sam ini telah 48 kali menjadi kampiun di turnamen ini.

Sementara itu di tahun 2007 yang lalu, pegolf asal Amerika, Karrie Webb, berhasil meraih gelar major-nya yang pertama, ini merupakan prestasi yang sangat mengesankan bagi pegolf asal Amerika sejak terjun ke dunia golf profesional tahun 1996. Tidak itu saja, untuk keberhasilan prestasinya tersebut Karrie membawa pulang hadiah sebesar 560.000 dollar. Untuk penyelenggaraan turnamen yang akan datang, US Women’s Open 2008 akan dilangsungkan di Interlachen Country Club, Edina, Minnesota, Amerika Serikat. Dan tentunya para pegolf asal negeri Paman Sam akan berusaha mempertahankan kemenangan dari para lawan mereka. Karena kemenangan ini tentunya sangat berarti bagi mereka untuk tetap mempertahankan supremasi di cabang olahraga golf.

Enjoy the game!

 

Penulis : Chairudi Bharata Dharma

Editor   : Muhammad Pamungkas

Dimuat : Majalah PELANGI (PLN) – Juni 2008

 

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment