Unjuk Kemampuan Pegolf Asia

Golf sebagai salah satu cabang olahraga prestisius selama ini banyak didominasi oleh para pemain asal Amerika dan Eropa. Tapi seiring dengan perkembangan jaman serta teknik bermain yang semakin berkembang, menjadikan para pegolf Asia pun mulai unjuk kemampuan dikancah golf dunia.

Namun untuk saat ini, para pegolf pria asal benua Asia masih sulit untuk menembus dominasi para pegolf dunia papan atas, macam Nick Mickelson, Erni Els, Vijay Singh hingga Tiger Woods. Namun untuk saat ini para pegolf pria asal benua Asia masih sulit untuk menembus dominasi para pegolf papan atas, macam Nick Mickelson, Erni Els hingga Tiger Woods. Namun untuk para pegolf wanita sudah mampu bersaing di jajaran elit pegolf dunia. Negara seperti Jepang dan Korea Selatan masih mendominasi dalam percaturan golf Asia. Seperti dalam turnamen Womens World Cup of Golf yang diikuti berbagai tim golf tangguh dunia, tim Jepang yang dimotori oleh Ai Miyazato dan Rui Kitada meraih tempat terhormat dengan menjuarai kejuaraan bergengsi ini. Tidak ketinggalan para pegolf wanita asal negeri ginseng juga unjuk kemampuan di berbagai kejuaraan dunia golf. Pegolf macam Jee Young Lee, Birdie Kim atau Se Ri Pak memberikan warna tersendiri di dunia golf. Para pegolf ini pernah menjuarai salah satu turnamen bergengsi yang diselenggarakan oleh LPGA (Ladies Professional Golf Association). Jee Young Lee pernah menjuarai CJ Nine Bridges 2005 di Korea, Birdie Kim menjuarai US Women Open Championship 2005, sedangkan Soo-Yun Kang juara di Safeway Classic 2005. Sementara itu Se Ri Pak juga mempunyai prestasi yang tidak kalah mengkilapnya. Pegolf kelahiran Daejeon, Korea, 28 September 1977 berhasil menjuarai di beberapa turnemen bergengsi seperti, LPGA Championship 1998, US Women’s Open Championship 1998, Weetabix Women’s British Open 2001, LPGA Championship 2002 serta LPGA Championship 2006. Selama berkarier di dunia golf Se Ri Pak yang bermukim di Florida, Amerika Serikat ini telah memenangkan lebih dari dua puluh trophy yang didapatnya dari berbagai turnamen.

Sementara itu pegolf Korea lainnya yaitu Jeong Jang juga meraih prestasi terhormat. Wanita berusia dua puluh enam tahun ini berhasil menjuarai Weetabix Women’s British Open 2005 serta Wegmans LPGA 2006. Bagi Jeong ini adalah prestasi terbaik yang berhasil diraih selama dia berkiprah di dunia golf. Salah seorang pegolf Asia juga pernah meraih predikat Rookie of the year, dia adalah Mi Hyun Kim asal Korea. Pegolf berusia dua puluh sembilan tahun ini meraih predikat ini pada tahun 1999. Alumni Sun Gkyun Kwan University ini juga telah memenangkan beberapa tournament LPGA Tour.

Tidak itu saja di tahun 2006 ini juga menjadi pertanda kebangkitan pegolf Korea, yaitu Choi Kyoung-ju yang berhasil mencatat sejarah sebagai pegolf Asia pertama yang berhasil meraih gelar di pentas PGA Tour. Pegolf yang akrab dipanggil dengan KJ ini menjadi juara pertama pada kejuaraan Chrysler Classic of Greensboro di North Carolina, Amerika Serikat. Yang tidak kalah membanggakannya dikejuaraan ini pula, posisi runner up direbut oleh oleh Shigeki Maruyama asal Jepang. Pegolf asal negeri matahari terbit ini hanya kalah dua pukulan dari sang juara.

Dengan semakin meningkatnya permainan para pegolf Asia ini diharapkan di masa depan mereka mampu masuk dalam jajaran pegolf elite dunia. Dan itu artinya keberadaan mereka akan mengancam pegolf dunia, seperti Karrie Webb, Lorena Ochoa, Annika Sorenstam, Retief Goosen hingga Tiger Woods. Enjoy the game.

 

Penulis : Chairudi Bharata Dharma

Editor   : Muhammad Pamungkas

Dimuat : Majalah PELANGI (PLN) – November 2006

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment