Lifestyle 

Us Open Championship 2008 Congratulation Tiger Woods

Para pegolf peringkat atas dunia tentunya tidak asing dengan dengan turnamen yang satu ini, US Open Championship. Ini merupakan salah satu kejuaraan yang paling ditunggu. Turnamen ini merupakan satu dari empat kejuaraan utama golf profesional selain The Masters, The Open dan PGA Championship. Pegolf yang meraih juara di US Open Championship ini akan mendapatkan kemudahan dalam mengembangkan kariernya. Sang juara di sini, secara otomatis diundang untuk bermain di tiga kejuaraan utama selanjutnya (The Masters, The Open dan PGA Championship) selama lima tahun berturut-turut. Tahun 2008, hadiah yang disediakan bagi sang juara mencapai 1.35 juta dollar. Tidak itu saja, sang juara juga berhak mengikuti US Open Championship selama sepuluh tahun tanpa harus mengikuti kualifikasi.

Kejuaraan yang digelar setiap tahun di Negeri Paman Sam ini biasanya dimainkan di pertengahan bulan Juni. Untuk tahun 2008 ini, US Open yang diselenggarakan di Torrey Pines, San Diego ini, telah memasuki gelaran yang ke-108 kali. Golf course yang berada di negara bagian California ini, merupakan kali pertama digunakan di turnamen akbar tersebut. Meski telah diselenggarakan sejak tahun 1895 US Open Championship ini pernah dua kali dihentikan penyelenggaraannya, yaitu dalam kurun waktu tahun 1917-1918 karena terjadinya perang dunia ke-I dan tahun 1942-1945 karena pecah perang dunia kedua.

Sebagai sebuah turnamen tempat bertemunya para jawara golf dunia, US Open Championship telah banyak melahirkan banyak juara dari berbagai Negara. Hingga tahun 2007 ini, sebanyak dua puluh satu pegolf telah menjuarai kejuaraan US Open lebih dari satu kali. Di antaranya nama-nama beken macam Ernie Els, Jack Nicklaus, Hale Irwin, Retief Goosen hingga peringkat nomor satu dunia saat ini, Tiger Woods asal Amerika Serikat. Meski juara di turnamen ini didominasi oleh para pegolf tuan rumah, namun jawara golf dunia asal Afrika Utara, Australia, Selandia Baru serta Argentina berhasil menerobos dominasi pegolf asal Amerika Serikat. Para pegolf ini dalam kurun waktu 2004 hingga 2007, berhasil menjadi juara di kejuaraan yang berhadiah total $7 juta. Untuk tahun 2008 ini, juara berhasil direbut oleh pegolf asal Amerika, Tiger Woods. Pegolf peringkat satu dunia ini, berhasil juara setelah melalui dua babak play-off yang sangat ketat. Tiger Woods akhirnya berhasil menundukkan perlawanan Rocco Mediate untuk merengkuh gelar juara US Open Championship.

Dalam play-off pertama yang berlangsung dalam 18 hole, kedua pegolf sama-sama membukukan 71 pukulan. Tiger Woods akhirnya menyelesaikan turnamen ini setelah mencatat empat pukulan (par) di play-off kedua yang dilakukan dengan sistem sudden death pada satu hole saja, yakni hole tujuh. Sedangkan, Rocco Mediate hanya mampu mencatat lima pukulan atau satu di atas par. Ini merupakan kali pertama sejak tahun 2001, pemenang US Open Championship ditentukan lewat babak play-off. Semua ini dilakukan, karena Tiger Woods dan Rocco Mediate sama-sama mencatatkan 283 pukulan alias angka satu di bawah par setelah babak keempat berlangsung. Ini merupakan kali ketiga Tiger Woods sukses menjadi yang terbaik di US Open Championship (2000, 2002, 2008).

Namun, kemenangan ini harus dibayar mahal oleh Tiger Woods, karena lutut kirinya yang baru saja sembuh kembali kambuh di tengah-tengah turnamen. Oleh karena itu, usai menjuarai US Open Championship 2008, Tiger Woods berniat akan operasi kembali lututnya untuk pemulihan cedera. “Dokter menyarankan untuk operasi rehabilitasi dan latihan agar lutut saya lebih kuat dan tidak kambuh lagi dalam jangka panjang,” tutur Tiger. Namun, semua ini tidak mengurangi kegembiraannya meraih gelar ke-14 di turnamen major. Dan tentunya, Tiger Woods makin mendekati rekor Jack Niklaus yang telah meraih 18 gelar turnamen major. Congratulations Mr. Woods.

 

Penulis : Chairudi Bharata Dharma

Editor   : Muhammad Pamungkas

Dimuat : Majalah PELANGI (PLN) – Agustus 2008

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment