Lifestyle 

US OPEN Championship

Tournament ini merupakan satu dari empat kejuaraan utama golf profesional selain The Masters, The Open serta PGA Championship. Pegolf yang mampu juara di turnament ini akan mendapatkan kemudahan dalam mengembangkan karirnya.

Bagi para pegolf profesional, US Open Championship merupakan salah satu kejuaraan yang paling ditunggu. Tournament ini merupakan satu dari empat kejuaraan utama golf profesional selain The Masters, The Open serta PGA Championship. Pegolf yang mampu juara di tournament ini akan mendapatkan kemudahan dalam mengembangkan kariernya. Juara turnamen ini secara otomatis diundang untuk bermain di tiga kejuaraan utama selanjutnya (The Masters, The Open dan PGA Championship) selama lima tahun berturut-turut. Tahun 2007 hadiah yang disediakan bagi sang juara mencapai 1.26 juta dollar. Selain itu sang juara juga berhak mengikuti US Open selama sepuluh tahun tanpa harus mengikuti kualifikasi.

Kejuaraan yang digelar setiap tahun di Negara asal Pegolf nomor satu dunia, Tiger Woods ini biasanya dimainkan di pertengahan bulan Juni. Dan pada tahun 2007 ini, US Open yang diselenggarakan di Oakmont Country Club ini telah memasuki gelaran yang ke – 107 kali. Golf course ini yang berada di Negara bagian Pennsylvania juga tercatat sebagai lapangan yang paling sering digunakan di tournament akbar tersebut. Sementara itu Baltusrol Country Club yang terletak di New Jersey menempati urutan kedua untuk lapangan golf yang sering digunakan US Open. Namun begitu kejuaraan yang digelar pertama kali tahun 1895 di Newport Country Club ini pernah dua kali dihentikan penyelenggaraannya, yaitudalam kurun waktu 1917 – 1918 karena terjadinya perang dunia ke-I dan tahun 1942 – 1945 karena pecah perang dunia kedua. Sebagai kejuaraan tempat bertemunya para jawara golf dunia, US Open Championship telah banyak melahirkan banyak juara dari berbagai Negara. Hingga tahun 2007 ini sebanyak dua puluh satu pegolf telah menjuarai kejuaraan US Open lebih dari satu kali. Diantaranya nama – nama beken macam Ernie Els, Jack Nicklaus, Hale Irwin, Retief Goosen hingga peringkat nomor satu dunia saat ini, Tiger Woods asal Amerika Serikat.

Meski juara di tournament ini didominasi oleh para pegolf tuan rumah, namun jawara golf dunia asal Afrika Utara, Australia, Selandia Baru serta Argentina berhasil menerobos dominasi pegolf asalAmerika Serikat. Para pegolf ini dalam kurun waktu 2004 hingga 2007, berhasil menjadi juara di kejuaraan yang berhadiah total $7 juta. Tahun 2007 ini juara berhasil direbut oleh pegolf asal Argentina, Angel Cabrera. Pegolf kelahiran 12 september 1969 ini berhasil menyingkirkan Jim Furyk serta Tiger Woods di putaran akhir. Ini merupakan gelar major championship-nya yang pertama setelah hampir 17 tahun berkiprah di golf profesional. Ini semua merupakan pelajaran berharga agar dalam penyelenggaraan selanjutnya para pegolf tuan rumah dapat mendominasi kembali di kejuaraan ini sebagai juara.

Sementara itu para pegolf asal benua biru Eropa belum berhasil kembali menjadi juara di US Open ini. Terakhir kali pegolf asal Inggris, Tony Jacklin yang berhasil menjadi jawara US Open tahun 1970. US Open Championship juga banyak menciptakan rekor selama penyelenggaraan ini dilangsungkan, seperti pemain tertua yang menang di tournament ini, rekor yang dibuat tahun 1990 dipegang oleh pegolf Hale Irwin pada usia 45 tahun 15 hari. Sedangkan John McDermott menjadi juara termuda, ketika dia berusia 19 tahun 315 hari yang

dibuatnya pada tahun 1911. Untuk tournament yang akan datang, US Open 2008 akan dilangsungkan di Torrey Pines Golf Course, California, Amerika Serikat. Dan tentunya para pegolf asal negeri Paman Sam akan berusaha membalas kekalahan dari para lawan mereka. Karena kemenangan ini tentunya sangat berarti bagi mereka untuk mengembalikan supremasi di cabang olahraga golf.

 

Penulis : Chairudi Bharata Dharma

Editor   : Muhammad Pamungkas

Dimuat : Majalah PELANGI (PLN) – Agustus 2007

 

Bagikan berita ini :

Related posts

Leave a Comment